Operasi Zebra 2020, Polri Jalankan Konsep Preemtif, Preventif Dan Represif

BAGIKAN :

Nkripost, Kutai Barat – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) gelar operasi zebra Serentak Di Seluruh Indonesia selama dua pekan ke depan.

Kapolres Kutai Barat (Kubar) Kalimantan Timur (Kaltim) AKBP Irwan Yuli Prasetyo mengatakan, kegiatan ini merupakan program pusat jadi kita di daerah juga mengikutinya.
Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kubar gelar Operasi Zebra ini selama dua pekan untuk di Kutai Barat dan Mahakam Ulu (Mahulu).
“Operasi zebra ini merupakan program pusat, jadi untuk daerah juga dilakukan secara serentak, di Kutai Barat dengan nama sandi Operasi Zebra Mahakam terhitung sejak 26 Oktober hingga 8 November 2020,”tegas AKBP Irwan kepada wartawan di Mako Polres (26/10/2020).

Kasat lantas Polres Kubar Iptu Alimuddin menyebutkan, kegiatan operasi ini mengedepankan konsep persuasif, yang bersifat Preemtif, Preventif dan Represif.
“Sasaran operasi zebra Mahakam ini bagi pengendara roda dua yang masih dibawah umur/anak-anak, berkendara melawan arus, tidak memakai helm, berboncengan lebih dari dua orang. Sedangkan untuk roda 4 bagi yang tidak menggunakan Safety belt (sabuk pengaman.

Lebih lanjut, saat ini masih situasi pandemi Covid-19 jadi sosialisasi ini kita publikasikan melalui Spanduk yang kita sebar, media sosial dan media massa.
“Kegiatan ini kita umumkan agar masyarakat dapat mengetahui secara luas. Jika masih ada juga yang melanggar aturan ini ya kita lakukan penindakan/tilang, meski demikian soal penegakan hukum menjadi alternatif terakhir,”katanya.

Upaya pertama yaitu Preemtif 40 persen (Memberikan konsultasi terhadap obyek pemeriksaan tentang permasalahan-permasalahan yang dihadapi. Kemudian Preventif 40 persen (Melaksanakan pengawasan dari proses perencanaan dalam seluruh fungsi. Dan Represif yaitu melaksanakan kegiatan dengan tujuan untuk meminimalkan temuan/penyimpangan dengan tidak mengesampingkan, apabila ditemukan penyimpangan yang mempunyai dampak hukum, tetap harus ditindaklanjuti sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Petugas yang di terjunkan dalam operasi zebra Mahakam ini berjumlah 40 personil. Kepolisian resor Kutai Barat mengimbau bagi pengendara roda dua dan roda 4 agar membawa kelengkapan dokumen kendaraannya,”pungkas Iptu Alimuddin.

NKRI POST KALTIM – JOHANSYAH.

Publikasi : 28 Oktober 2020 by admin

BAGIKAN :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Untuk Informasi Silahkan Hubungi Kami
Untuk Informasi Seputar NKRIpost Bisa Hubungi Kami