Mirip Ide Sandi Uno, Pada Debat Capres, Cukup Satu Kartu, Mulai 22 September 2019, Polri Luncurkan Smart SIM

BAGIKAN :

Jakarta – Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Refdi Andri mengungkapkan bahwa pihaknya akan merilis SIM baru atau Smart SIM dengan beberapa kelebihan termasuk semua data forensik kepolisian didalamnya,karena di dalamnya ada chip yang akan mulai diberlakukan pada 22 September 2019 nanti.

“Mulai tanggal 22 September 2019 (saat Hari Lalu Lintas Bhayangkara akan kita lakukan grand launching). Saat itu berlaku di seluruh Indonesia,” ujar Refdi

Adapun Smart SIM ini telah dikenalkan atau soft launching di Bekasi, pada kesempatan ini mulai di uji coba dengan mencetak 3 Smart SIM yakni perpanjangan SIM Kakorlantas, Perpanjanga SIM Kapolda Metro Jaya dan Perpanjangan SIM Bupati Bekasi di Jawa Barat pada Kamis (22/8/2019).

Kakorlantas juga menjelaskan bahwa Smart SIM ini dilengkapi chip dengan kapasitas yang memadai, seperti semua data/kepentingan forensik kepolisian (lengkap)/identitas yang bersangkutan/pemegang SIM.

Kemudian, semua pelanggaran lalu lintas akan tercatat dengan valid, pelanggaran ringan, sedang, dan berat.

Tak hanya itu,Kakorlantas juga sudah bekerja sama dengan BNI sehingga chip tak kasat mata ini juga dapat berfungsi sebagai e-money.

“Sudah bekerja sama dengan Bank BNI sehingga Smart SIM dapat berfungsi sebagai e-money dengan saldo maksimal Rp 2 juta dan dapat diisi oleh pemegang SIM,” ujar Refdi.

Ia juga menjelaskan bahwa saldo pada Smart SIM ini bisa dimanfaatkan untuk pembayaran tol, kereta api, belanja, dan lainnya.

Atas munculnya inovasi ini, Refdi berharap proses uji coba Smart SIM bisa berlangsung dengan baik.

“(Saat grand launching) untuk e-money masih dalam tahap uji coba selama beberapa bulan ke depan. Mudah-mudahan juga berjalan sesuai harapan kita,” ujar Refdi

PERBEDAAN SMART SIM DENGAN SIM LAMA

Tampilan Smart SIM memiliki beberapa perbedaan dengan tampilan SIM lama.

“Di samping terus ditingkatkan, Smart SIM ini memiliki kelebihan, utamanya pada security nya yang kelas tinggi, Tidak bisa di palsukan,tidak bisa di contoh, tidak dimodifikasi oleh siapapun” Ujar Refdy

Pada SMART SIM memiliki dua Foto, yang pertama Foto utama dan yang kedua foto pada securitynya

Adapun perbedaan warna terlihat kentara pada bagian belakang SIM, untuk SIM lama memiliki warna latar biru, sementara untuk Smart SIM berwarna latar putih.(***)

Publikasi : 25 Agustus 2019 by admin

BAGIKAN :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Untuk Informasi Silahkan Hubungi Kami
Untuk Informasi Seputar NKRIpost Bisa Hubungi Kami