NKRIPOST.COM

Berita Seputar NKRI

SELAMAT DATANG DI NKRI POST
TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI KAMI
SAMPAI JUMPA LAGI

Mengenal Program Bantuan Untuk Masyarakat Saat Ini

BAGIKAN :
Ilustrasi

Nkripost, Jakarta – Dari sedikit yang kita ketahui dari berbagai sumber, bantuan yang ada atau akan ada di masyarakat saat ini adalah:

  1. PKH dari Kemensos pusat
  2. BPNT dari Dinsos kabupaten
  3. BLT Dana Desa
  4. BLT Kemensos pusat
  5. BLT APBD
  6. Sembako APBN
  7. Sembako APBD
    Dll
  8. PKH adalah program keluarga harapan, bentuknya uang tunai langsung masuk rekening masing-masing, berdasarkan DTKS.
  9. BPNT (dulu namanya Raskin) adalah Bantuan Pangan Non Tunai, bentuknya berupa Bahan Makanan yang disalurkan melalui Kios Desa yang ditentukan oleh bank kerjasama TKSK kecamatan. Sumber data dari DTKS.
  10. BLT Dana Desa adalah Bantuan Langsung Tunai dari desa masing-masing, besarannya 600 ribu per bulan direncanakan selama 3 bulan. Nah BLT dari Dana desa perlakuannya ada 3:
    I. Bagi Desa yg belum Cair Dana Desa Tahap I, maka diprioritaskan untuk BLT Covid 19.
    II. Bagi desa yg telah cair Dana Desa Tahap I, namun belum habis dibelanjakan, maka diprioritaskan untuk BLT Covid 19
    III. Bagi desa yg telah cair Dana Desa Tahap I dan teah habis dibelanjakan, maka segera bermohon Tahap II diprioritaskan untuk BLT Covid 19. BLT Dana Desa diperuntukkan warga desa yg penghasilannya terdampak Covid 19 dan bagi warga desa rentan sakit, atau sakit menahun. Dengan demikian ada desa lebih duluan beri bantuan ada juga terlambat beri bantun karena prosesnya tadi di atas itu Tahap I, Tahap II. Regulasinya diatur oleh permendes
  11. BLT Kementerian Sosial adalah bantuan bentuk tunai berdasarkan DTKS diperuntukkan bagi rata-rata perkotaan atau kelurahan dan juga Desa.
  12. BLT APBD adalah bantuan tunai dari Dinas Sosial Kabupaten diperuntukkan bagi masyarakat yg belum dapat bantuan lainnya. Data dari DTKS.
  13. Sembako APBN adalah bantuan berupa bahan makanan yang bersumber dari pemerintah pusat langsung. Data dari DTKS.
  14. Sembako APBD adalah bantuan berupa bahan makanan yg bersumber dari APBD provinsi dan Kabupaten. Data dari DTKS.

Nah lo DTKS itu makanan apaan sih? DTKS adalah Data Terpadu Kesejahteraan Sosial di Dinsos & Kemensos yang harus diupdate setiap 3 bulan sekali, yang update desa diusulkan ke Dinsos & Kemensos. Lah kalau datanya tidak update berarti tanyakan ke benang² itu.

Semoga semua bantuan tepat sasaran dan tidak tumpang tindih atau ganda. Bantuan² itu waktu turunnya tidak sama. Nah silakan diperhatikan, Bapak A dapat bantuan no 1 dia tidak akan dapat bantuan yang lain, begitu juga jika Bapak B dapat bantuan no 3 maka dia juga tidak berhak bantuan yang lain.

Bisa jadi bulan ini yang cair bantuan nomer 5 otomatis misal hanya Bapak D yang dapat, dan Bapak C, Bapak E, Bapak F bisa jadi dapat di lain kesempatan.

Jadi silakan diperhatikan alias dititeni dan ditunggu siapa tahu beberapa hari, atau bisa jadi minggu depan atau bulan depan kemudian bantuan datang.

Jika tidak ada bantuan yakinlah bahwa bantuan terbesar adalah dari Allah SWT dan tidak dibantu itu anggap saja dianggap mampu dan didoakan untuk mampu.

Loading...

Nah jika bantuan² tersebut tidak tepat sasaran atau terkendala masalah teknis lain, silakan dilaporkan.

Kalau dilaporkan jawabannya belibet dan terkesan cuci tangan, viralkan, dunia sekarang kan borderlesss😉

🇮🇩🇮🇩🇮🇩🙏🏻🤝🙏🏻🇮🇩🇮🇩🇮🇩

Terbitkan Pada: 13 Juli 2020 by NKRI POST

BAGIKAN :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Untuk Informasi Silahkan Hubungi Kami
Untuk Informasi Seputar NKRIpost Bisa Hubungi Kami