nkripost.com

BERITA SEPUTAR NKRI

Memerangi Stunting, Alumni Kebidanan STIKes Nusantara Kupang melakukan penyuluhan di masyarakat Desa Oesao

BAGIKAN :
Foto saat penyuluhan oleh alumni IKABITARA di Aula Kantor Desa Oesao.

NTT – Luar biasa, Ikatan Alumni Kebidanan STIKes Nusantara Kupang (IKABITARA) dalam momentum temu akrabnya juga mendukung program pemerintah dengan melakukan kegiatan Penyuluhan tentang “bagaimana mencegah Stunting” pada warga Desa Oesao. Kamis, 19 September 2019.

Desinta Gudu, sebagai Ketua Alumni, menyampaikan bahwa Kami dari IKABITARA dan sekaligus sebagai pelayan kesehatan, melihat tingginya angka stunting di Nusa Tenggara Timur. Dengan demikian, kami melakukan kegiatan hari ini berupa penyuluhan, dimana kami ingin membagi informasi, melatih Ibu-ibu hamil serta Ibu menyusui cara dan kiat dimana dalam “mendukung pemerintah dalam memerangi stunting sejak 1000 Hari Pertama Kehidupan”.

“Kita memilih di desa Oesao ini karena belum ada kasus di sini sehingga kita ingin memberi informasi agar mencegah lebih dini.”Terangnya.

Foto bersama setelah kegiatan Penyuluhan oleh IKABITARA di Aula Kantor Desa Oesao

Desinta Menambahkan, Merubah sikap dan perilaku yang sehat harus dimulai sejak hamil dan menyusui dimana  pemenuhan kebutuhan gizi yang baik selama hamil, pemeriksaan kehamilan secara teratur, termasuk perilaku hidup sehat dan bersih, juga informasi untuk merubah pola asuh orang tua terhadap anak, karena  periode emas itu selama 1000 hari pertama kehidupan, dimana ada 4 standar Emas pemberian makanan yang perlu diperhatikan, yakni; “IMD, ASI EKSKLUSIF, MP-ASI dan ASI Lanjutan”. Hal ini tidak akan terjadi pada usia-usia diatas 2 tahun. 

Kami hanya dapat memberikan sedikit bantuan kepada Ibu Hamil dan Menyusui berupa susu, tablet tambah darah dan biskuit untuk Ibu Hamil. Kami berharap melalui informasi yang kami bagikan kepada Ibu-ibu hamil dan menyusui di Desa Oesao dapat membiasakan diri dengan perilaku hidup sehat, bersih dan memberikan pola asuh yang sehat dalam keluarga sehingga dapat mengurangi angka stunting Sejak 1000 Hari Pertama Kehidupan di desa Oesao dan lebih luasnya di Nusa Tenggara Timur.
Harap Desinta.

Menurut Naomi Tualaka, Kepala Desa Oesao dalam sambutannya mengatakan bahwa sangat senang sejak surat masuk dari alumni IKABITARA untuk mengadakan kegiatan di desa oesao. Saya dengan semangat gerakkan masyarakat untuk bisa hadir dalam kegiatan hari ini, supaya masyarakat terutama Ibu Hamil dan Menyusui, mendapat informasi tentang bagaimana mencegah stunting dan juga merupakan bentuk dukungan atas program pemerintah untuk memerangi stunting sejak 1000 hari pertama kehidupan.

Saya berharap, mudah-mudahan masyarakat dapat menerapkan informasi yang sangat baik ini dalam kehidupan mereka.

Kami dari Desa Oesao juga selalu terbuka untuk alumni IKABITARA kemudian dapat melakukan kegiatan lanjutan di kemudian hari dengan berbagai informasi Seputar Kesehatan yang berguna bagi masyarakat Desa Oesao.
Tambahnya.

Selanjutnya Paulina, sebagai salah satu kader Pos Yandu sekilgus warga dari Desa Oesao, menyampaikan bahwa kami sangat gembira, menyambut baik kedatangan alumni Kebidanan Stikes Nusantara Kupang( IKABITARA) ke desa ini, kami sangat membutuhkan informasi terkait kesehatan, apalagi tentang stunting ini kami sangat senang bisa mendengar lalu ketahui hari ini,  dan kami memang sangat butuh informasi ini agar bisa dapat kami cegah.

Semoga kedepannya “alumni IKABITARA atapun Mahasiswa dari Stikes Nusantara Kupang bisa berbagi Informasi Kesehatan di sini lagi”. Tuturnya.

BAGIKAN :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Untuk Informasi Silahkan Hubungi Kami
Untuk Informasi Seputar NKRIpost Bisa Hubungi Kami