Masyarakat Adat Io Kufeu, Gelar Ritual Tolak Covid-19

BAGIKAN :
Ritual Adat Tolak Covid-19 oleh masyarakat Io Kufeu

Malaka, NKRIPOST – Tolak Corona Virus atau Covid-19, masyarakat Kecamatan Io Kofeu, Kabupaten Malaka-NTT, gelar ritual adat istilah orang Dawan R Malaka ” Napoin Mafenat” Rabu(25/03/2020) di Desa Tunabesi, Kecamatan Io Kufeu, Kabupaten Malaka.

Benediktus Thomas Taolin, yang akrab disapa oleh masyarakat adat Io Kufeu, Pah Nurak, ketika di komfirmasi NKRIPOST.COM, Kamis (26/03/2020)
menuturkan, tradisi adat istiadat orang Malaka khususnya Dawan’R Manlea sejak dari dulu para pendahulu selalu mengadakan ritual untuk bisa terhindar dari segala macam bahaya,semisal penyakit atau virus yang akan menyerang ternak,tumbuhan maupun manusia.

“Kami masyarakat adat Io Kufeu pada umumnya sudah gelar ritual adat untuk menolak virus Corona yang sangat mengancam nyawa manusia. Pada prinsipnya kami masyarakat awam masih percaya kepada leluhur yang biasa disebut dalam Bahasa Dawan”R Manlea, Mipoin Mafenat yang artinya mengeluarkan beban atau tolak beban” tandasnya.

Di katakan Thomas Taolin, masyarakat Io kufeu tidak akan merasa takut dan panik terhadap Corona Virus atau Covid-19. Pasalnya mereka sudah melakukan ritual adat yang artinya semua Beban penyakit yang akan menyerang, Manusia, Hewan maupun Tumbuhan telah ditolak dengan bentuk ritual adat yang diwariskan nenek moyang mereka sejak dahulu.

Thomas pun mengatakan walau pun sudah dilakukan ritual adat menolak Covid-19, dia berharap masyarakat juga mengikuti anjuran kesehatan dari pemerintah untuk menangkal Covid-19 tersebut. Hal ini mengingat, agar penyebaran virus Corona itu dapat dibatasi,selain melakukan ritual adat.

(Killer Manek)

Publikasi : 4 April 2020 by admin

BAGIKAN :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Untuk Informasi Silahkan Hubungi Kami
Untuk Informasi Seputar NKRIpost Bisa Hubungi Kami