Masa Pandemi Covid, TNI Buat Kebun Percontohan dan Ajak Masyarakat Bercocok Tanam Jahe

NKRIPOST, BELITUNG – Dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan ditengah situasi pandemi virus Covid-19 yang sedang melanda sekarang ini Koramil 414-03/Gantung bersama masyarakat membuat kebun percontohan dengan menanam bibit jahe. Kegiatan ini sebagai upaya menjaga ketahanan pangan dimasa pandemi Covid 19. jenis budidaya tanaman Jahe, di Dusun Rasau Desa Gantung Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur.
Kamis ( 19/11/2020 )

Sebagai wujud kepedulian ditengah situasi pandemi virus covid 19 Koramil 414-03/Gantung bersama masyarakat petani jahe melaksanakan penanaman bibit jahe dengan varietas jahe merah. penanaman ini dilakukan secara bersama-sama sebagai wujud nyata kepedulian Koramil 414-03/Gantung terhadap program ketahanan pangan ditengah pandemi virus Covid 19 yang sedang dihadapi sekarang ini.

Danramil 414-03/Gantung Kapten Inf M. Nasib Tanjung mengatakan Pembuatan Kebun percontohan ini merupakan kepedulian kita TNI kepada masyarakat, sebagai implementasi kemanunggalan TNI dan rakyat, kami bersinergi menjaga ketahanan pangan ditengah situasi pandemi Covid 19 saat sekarang ini.

Harapan kami Pembuatan kebun percontohan ini dapat memotivasi para petani lainnya, sehingga masyarakat mencontoh dan mengikuti apa yang sudah dilakukan oleh Koramil 414-03/Gantung bersama petani jahe di Dusun Rasau Desa Gantung ini.

Dengan metode penanaman sesuai dengan petunjuk PPL, diharapkan bibit jahe yang sudah kita tanam akan membuahkan hasil yang maksimal.

Kami dari TNI khususnya Koramil 414-03/Gantung akan terus memotivasi para petani dan masyarakat lainnya untuk bersama-sama menjaga ketahanan pangan khususnya di Wilayah Kecamatan Gantung dan Belitung Timur umumnya, upaya ini merupakan bagian dari tugas kita sebagai aparat Teritorial diwilayah binaan”.Tegasnya

Loading...

M. Madi petani jahe Mitra Babinsa Gantung mengatakan “Kami merasa bangga dan senang dengan kegiatan pembuatan Kebun Jahe percontohan ini. kami berterima kasih kepada Danramil 414-03/Gantung beserta jajarannya yang sudah terjun langsung dalam proses penanaman jahe merah di kebun percontohan ini.

Varietas jenis jahe yang ditanam adalah jahe merah unggul dimana jenis ini sangat laris dipasaran dan sangat mudah untuk membudidayakan tanaman jahe merah ini. ada beberapa tahapan dalam proses penanaman nya yaitu perlakuan bibit Jahe. Sebelum ditanam bibit jahe merah terlebih dahulu disemai sampai tumbuh tunas dengan ukuran lebih kurang 10 cm sampai 20 cm, tahap selanjutnya baru kita pindahkan ke media yang sudah disiapkan untuk penanaman”. perawatan tanaman jahe merah ini sangat mudah yaitu dengan penyiangan rumput, penggemburan tanah, dan pemupukan Secara periodik. sampai berumur 6 bulan dan tanaman Jahe merah siap di Panen.” jelas Madi.

Bpk. Manteri selaku warga Dusun Rasau mengucapkan terima kasih kepada Koramil 414-03/Gantung yang sudah memberikan contoh bagi kita dan memotivasi masyarakat untuk lebih semangat dan giat lagi dalam bercocok tanam untuk meningkatkan ketahanan pangan dimasa pandemi virus Covid 19, semoga jerih payah kita dapat berhasil dengan panen yang berlimpah.
,” Ucapnya.”

Loading...

( NKRIPOST / NURUL.H )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *