Lembaga MZK Institut Sukses Gelar Workshop Secara Online, Di Ikuti Puluhan Wartawan Dari Berbagai Provinsi

Peserta Workshop Secara Online

NKRIPost.Com, Morowali – MZK Institut kembali sukses laksanakan pelatihan sehari untuk Workshop Pra UKW yang kini memasuki Batch 6, Selasa (20/4).

Workshop tersebut dilakukan secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting, dimana rencana awalnya sesuai dengan batas quota sebanyak 90 Pewarta di ikutkan dari berbagai kalangan media di Nusantara, namun yang sempatkan dirinya hadir, pada pertemuan kali Workshop kali ini dan diikuti kurang lebih 50 peserta dari berbagai perwakilan provinsi.

Drs. Agung Santoso selaku Instruktur MZK sekaligus Inisiator UKW Mandiri Indonesia, mengatakan bahwa workshop Pra UKW yang dilaksanakan merupakan pengenalan materi yang akan diujikan dalam Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

” Pentingnya pembekalan ini diikuti sebagai upaya untuk mempersiapkan diri dalam menyiapkan sumber daya manusia yang handal di dunia Jurnalis, dengan berasaskan pemahaman kode etik jurnalistik sendiri, punya skill, keterampilan dan kecakapan dalam menjalankan tugas sebagai pewarta di negeri ini, ” Tegas inisiator UKW Mandiri Indonesia, Agung Santoso

Di samping itu pula beliau juga menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan ini, kami berikan pembekalan materi berupa ujian kompetensi sebanyak 12 materi yang di antaranya; Pengetahuan Umum Jurnalisme, Prinsip Jurnalistik, Unsur Nilai Jenis Berita, Bahasa Jurnalistik, Narasumber, dan Rapat Redaksi.

Loading...

Dengan ada workshop ini, kita berharap sebagai seorang wartawan bisa di uji keilmuan dan mentalnya apakah dia kompeten atau tidak dalam kerja-kerja jurnalis.

Agung Santoso juga membeberkan bahwa ada tiga jenjang yang harus lalui dalam Uji UKW biasanya yang meliputi wartawan muda, wartwan Madya dan Wartawan Utama. Ketiga jenjang ini bisa di tempuh berdasarkan masa tugas sebagai pewarta, tegasnya.

Maka dari itu sebaiknya pewarta sebisa mungkin memliki kemampuan dasar yaitu, etika, skill dan kecakapan.

Loading...

Sementara salah satu peserta dari Workshop Pra UKW Batch 6, Rahman salah satu wartawan NKRIPOST.Com Biro Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah yang juga ikut dalam Pelatihan ini, mengucapkan terima kasih atas bimbingan dari lembaga MZK Institut dalam pelatihan yang dilaksanakan secara online melalui aplikasi zoom.

” Semoga dengan adanya pelatihan ini dapat memberikan nilai-nilai yang begitu positif kepada kami dalam mengapai dan tercipta Jurnalis yang handal, ” terang Rahman ( Rhm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *