Kota Pekanbaru; Kepala Disketapang Apresiasi Pelatihan Budi Daya Sayur Lanud

NKRI post.RIAU | Pekanbaru – Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Alek Kurniawan SP MSi, mengapresiasi Pelatihan Budidaya Sayur dan Buah Tahun 2020 yang ditaja Pangkalan TNI AU (Lanud) Roesmin Nurjadin, Rabu (9/9/2020).

“Kami sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada pihak Lanud Roesmin Nurjadin terutama kepada Bapak Komandan Lanud Marsma TNI Ronny Irianto ST MM, yang telah menaja acara yang sangat strategis ini,” ucapnya, saat menghadiri kegiatan yang dipusatkan di Lanud Roesmin Nurjadin tersebut.

Untuk itu, Alek mengimbau peserta pelatihan dengan tema “Melalui Pelatihan Budidaya Sayur dan Buah, Kita Wujudkan Ketahanan Pangan dan Budaya Kearifan Lokal Sehingga Terciptanya Kemanunggalan TNI-Rakyat” agar dapat mengikuti serius dan tekun setiap materi yang disampaikan.

“Sehingga para peserta dapat memberikan kontribusi nyata untuk budidaya tanaman pangan khususnya budidaya sayuran dan buah,” harapnya.

Di hadapan peserta pelatihan, Alek menyampaikan jika ketahanan pangan dapat didefinisikan sebagai suatu keadaan terpenuhi dan terjaminnya kebutuhan pangan bagi setiap anggota keluarga baik dari segi mutu, aman, merata dan terjangkau.

Guna mewujudkan itu, Alek memberikan ulasan pilihan-pilihan bertani yang pintar (smart farming) salah satunya urban farming atau lebih dikenal dengan pertanian perkotaan.

Loading...

“Urban farming ini adalah praktik budidaya, pengolahan, dan pendistribusian bahan pangan ke konsumen di sekitarnya dan bahkan bisa ke luar daerah yang mencakup budidaya tanaman pangan, hortikultura (buah dan sayuran), budidaya perairan atau perikanan, dan budidaya peternakan,” terang Alek.

“Urban farming juga bisa diartikan sebagai sistem produksi pertanian (pangan) yang terjadi di perkotaan dengan optimalisasi pemanfaatan ruang terbuka yang ada semaksimal mungkin,” ulas mantan Sekwan DPRD Pekanbaru ini.

Melansir data BPS tahun 2019, sebut Alek, jumlah penduduk Kota Pekanbaru mencapai 1.149.359 jiwa. Maka diestimasikan kebutuhan sayur, mencapai 5.244 ton per tahun atau setara dengan 14,37 ton per hari dan untuk buah sekitar 40.902,8 ton/tahun atau setara dengan angka 112,06 ton/harinya.

Loading...

“Mengingat tingginya kebutuhan sayur dan buah di kota kita ini, maka kami mengajak kepada para peserta yang hadir untuk mengoptimalkan penanaman pangan terutama buah-buahan dan sayur tersebut,” tutup Alek yang sebelumnya juga pernah menjabat Kepala BPKAD Pekanbaru ini.

Dalam acara tersebut, Danlanud dan Alek Kurniawan secara simbolis menyerahkan bantuan berupa bibit dan pupuk dari Lanud Roesmin Nurjadin kepada para petani.(*)

Editor        : Budiman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *