Kategori
POLITIK & HUKUM

Koperasi Disetiap Kabupaten/kota dapat Mewujudkan Program Penuntasan Kemiskinan di Daerah

BAGIKAN :

GORONTALO. NKRIPOST – Keinginan kuat untuk membantu masyarakat ekonomi menengah kebawah dengan meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat segera terwujud. Salah satu jalan yang akan dilakukan yakni menghadirkan Koperasi disetiap kabupaten kota dalam mewujudkan program penuntasan kemiskinan di daerah ini.

Ide ini lahir dari Rachmad Gobel dan dideklarasikan saat penyerahan bantuan katinting kepada warga pesisir di kabuoaten Gorontalo, 28 Juli 2019 yang lalu di Warkop Ceria Telaga. David Bobihoe Akib ditunjuk sebagai koordinator dari pembentukan Koperasi tersebut. Dalam sekejap, David Bobihoe langsung menawarkan nama Koperasi yakni Koperasi Kesejahteraan Rakyat Gorontalo (KKRG). Deklarasi ini pun disaksikan oleh H. Adhan Dambea, S.Sos, SH., MA yang bakal dilantik menjadi anggota DPRD bulan September ini.

Zukri Harmain selaku Sekretaris pembentukan Koperasi KKRG memberikan pengarahan kepada masyarakat di kabupaten Gorontalo.
Diketahui, Gorontalo menjadi lumbung tumbuhnya Koperasi yang diduga hanya memperkaya organisasi dan para pengelolahnya. Dalam prakteknya, banyak Koperasi di Gorontalo yang hanya menambah masalah rakyat dengan bunga yang cukup tinggi. Bahkan, lebih parah lagi, setoran awal sudah dilakukan saat transaksi dimulai. Ini tentu hanya menambah masalah yang besar bagi rakyat Gorontalo.

Koperasi melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Untuk itu, Rachmad Gobel yang sangat peduli dengan kondisi rakyat Gorontalo dengan membangun Koperasi di setiap kabupaten kota.

Kini, pembentukan Koperasi dimuali dari daerah kabupaten Gorontalo. Sekretaris Pembentukan Koperasi, Zukri Harmain, SE., ME mengatakan jika Koperasi ini untuk percepatan penanganan masalah kemiskinan di Gorontalo.

“Program ini bertujuan untuk mengelolah potensi daerah bersama pemerintah dan rakyat dengan sasaran program Pertanian, Perkebunan, Perikanan dari hulu sampai hilir,” ungkap Zukri yang mantan birokrasi kabupaten Gorontalo di kantor Bappeda dan Dinas Pertanian.

Hal yang sama juga disampaikan Budiyanto Napu, SH., MM selaku staf ahli anggota DPD-RI dari Rahmijati Jahja, S.Pd. Dirinya menegaskan jika saat ini di kabupaten Gorontalo sedang dilakukan persiapan pembentukan Koperasi KKRG.

“Koperasi ini siap dijalankan dan sudah memasuki persiapan pembentukan pengurus Koperasi di kabupaten Gorontalo, setelah itu rencana 2020 sudah semua kab kota se provinsi Gorontalo. Tahun 2021 sampai 2022 sudah tersebar di Sulawesi dan Maluku, dan InsyaAllah tahun 2022 hingga 2024 sudah seluruh kawasan Timur Indonesia,” ungkap Sekretaris Zukri Harmain yang dibenarkan oleh Budiyanto Napu.

Peserta yang menghadiri sosialisasi pembentukan Koperasi KKRG
Inilah komitmen Rachmad Gobel sebelum dirinya mencalonkan sebagai anggota DPR-RI. Kini mimpi itu siap diwujudkan dengan menempatkan orang-orang pilihan dan memiliki kemampuan dalam pengelolaan Koperasi yang mandiri dan besar di wilayah Timur Indonesia. Bagaimana hasilnya nanti? Kita lihat perkembangannya dengan berharap dukungan masyarakat Gorontalo.
Rabu 04/09/2019

Editor : Wawan H.
Copyrigth@2019|NKRIPOST.COM INDONESIA
JAKARTA – GORONTALO

BAGIKAN :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *