Kominfo RI Minta Masyarakat Waspada, Ini Sangat Serius!

Kominfo RI Minta Masyarakat Waspada, Ini Sangat Serius!

13 September 2021 0 By Tim Redaksi

KEMENTERIAN Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo RI) minta masyarakat untuk mewaspadai situs yang menyerupai PeduliLindungi.

Baru-bari ini beredar di dunia maya situs pedulilindungi.com, yang memiliki tampilan mirip dengan situs resmi PeduliLindungi.

Tidak hanya mirip, situs tersebut juga menggunakan logo dan gambar PeduliLindungi.

Loading...

Kominfo menyatakan situs pedulilindungia.com adalah palsu, pemerintah tidak menggunakan situs tersebut untuk menangani Covid-19.

Kabar ini tersebar melalui chat berbagai grup di aplikasi Whatsapp.

Pesan tersebut mengimbau agar masyarakat lebih teliti dalam mengakses dan mengklik situs yang menyerupai situs buatan pemerintah tersebut.

Untuk diketahui, Aplikasi PeduliLindungi dibuat pemerintah untuk melakukan upaya pengawasan kesehatan masyarakat di seluruh Indonesia.

Ini berdasarkan Keputusan Menteri Kominfo No. 171 Tahun 2020 Tentang Penetapan Aplikasi PeduliLindungi Dalam Rangka Pelaksanaan Surveilans Kesehatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) beserta perubahannya.

Kemkominfo RI meminta masyarakat agar tetap berhati-hati apabila terdapat situs yang menyerupai dan mengatasnamakan diri mereka dengan PeduliLindungi dalam bentuk apapun.

Situs resmi dari PeduliLindungi hanya dapat diakses melalui pedulilindung.id dan Google Store bagi pengguna Android serta App Store bagi pengguna Apple.

Kominfo meminta masyarakat untuk mengakses situs resmi pedulilindungi.id dan aplikasi PeduliLindungi yang resmi yang terdapat pada Android Google Play Store maupun App Store untuk pengguna iOS.

Ia mengingatkan bahwa ketika hendak mengunduh aplikasi pada Google Play Store, pastikan tercantum nama Kementerian Kominfo pada bagian bawah tulisan PeduliLindungi.

Pada aplikasi resmi, Kominfo tercatat sebagai kontak pengembang aplikasi tersebut lantaran pemerintah menggunakan PeduliLindungi sebagai sistem pelacakan kontak atau contact tracing untuk mengatasi penyebaran virus corona di Tanah Air.

Untuk diketahui situs dan aplikasi PeduliLindungi dibuat oleh pemerintah juga untuk mempermudah pelacakan kontak Covid-19.

Hal ini dilakukan sebagai upaya penanganan penyebaran virus Covid-19 di Indonesia.

Selain untuk pelacakan kontak atau contact tracing, situs ini juga digunakan untuk mendaftarkan diri agar mendapatkan vaksin dan juga sertifikat vaksin digital yang saat ini dianggap sangat penting, agar masyarakat dapat melakukan aktivitas dengan aman dan nyaman.

(NKRIPOST/Poskota).