KLM Surya Bahari Tanjung Tenggelam, Lima Crew Termasuk Nakhoda Selamat

NKRIPOST BELITUNG, Tanjungpandan – Cuaca buruk akhir akhir ini menjadi perhatian khusus Nakhoda saat akan bertolak dari pelabuhan awal kepelabuhan tujuan. Informasi keadaan perkiraan cuaca setiap hari diumumkan oleh Intansi terkait seperti BMKG dan Syahbandar setempat diteruskan oleh Stasiun Radio Pantai. Namun himbauan serta informasi perkiraan Cuaca sering kali diabaikan oleh desakan tuntutan kelancaran untuk ekonomi.

Seperti yang dialami oleh Kapal Layar Motor (KLM) Surya Bahari Tanjung Dinakhodai oleh Sappirudin bertolak dari dermaga Acun pada senin tanggal, 21/12/2020 pukul 18.00 Wib dengan membawa muatan Tabung LPG Subsudi 3 kg sebanyak 9 520 tabung, kapal yang berlayar tujuan Pelabuhan Tanjung Pandan Belitung Pada hari selasa tgl 22-12-2020 jam 02’10 pada posisi kordinat 02’25’230″S 106’34’130″E secara beransur cepat datang angin kencang dari arah utara barat laut dengan perkiraan tinggi gelombang mencapai 2 meter hinga sampai 2,5 Meter.

KLM Surya Bahari Tanjung tidak mampu menampung air laut terus masuk kedalam ruang kapal membuat nakhoda beserta crew berinisiatif mendadak air bayak masuk kedalam kapal langsung membuang haluan kekanan atau arah kompas 205°(ikut ombak) sambil membangunkan semua ABK.

Hingga sekitar pukul 02’40 wib kondisi ruangan kapal sudah masuk air hingga mesin induk terendam mesin pun padam yang akhirnya
Pada jam 03’10 semua crew menurunkan pelampung/Rakit
Sambil berusaha menghubungi/meminta bantuan kepada kapal KM SURYA HASIL LAUT 2 yang berangkat dari Pangkalbalam tujuan tanjung pandan dengan jarak posisi 8,4 mil dari KLM SURYA BAHARI TANJUNG pada posisi kordinat GPS 02’25’430″S 106’34’630″E lewat via PHF dan Telephone sambil memberikan kordinat tersebut.

Saat itu juga nahkoda Kapal KM SURYA HASIL LAUT 2 menghubungi Nahkoda kapal KLM YOLANDA 2 lewat via PHF yang berlayar dari pelabuhan Tanjung pandan, tujuan pangkalbalam, agar kembali putar haluan untuk sama2 membantu kapal KLM SURYA BAHARI TANJUNG yang meminta bantuan/pertolongan.
Perkiraan 20 menit kemudian kapal KLM SURYA BAHARI TANJUNG sudah posisi penuh air didalam ruangan serta kamar posisi dan tetap mengambang.

Selaku nahkoda dan 4 orang Abk lainnya posisi sudah naik diatas rakit yang jaraknya kurang lebih 30 meter dari badan kapal yang mengambang
setelah mengapung apung kira kira 1jam lebih, KM SURYA HASIL LAUT 2 tiba pas posisi kordinat tersebut dan langsung memberikan pertolongan.
Pada pukul 04’40 wib saya dan 4 abk berhasil diselamatkan oleh kapal.

Loading...

Dan Nahkoda KM SURYA HASIL LAUT 2 masih tetap mengambil posisi aman sekitar 20 meter dari badan kapal Yang masih mengapung sambil mengontak kapal KLM YOLANDA agar mendekat keposisi kodinat kapal KM SURYA BAHARI TANJUNG yang masih mengapung.
Pada jam 05.10 KM YOLANDA 2 sudah sampai diposisi sama dan saling menjaga jarak dikarenakan cuaca berombak.

Setelah selesai komunikasi lewat via telphone kedua Nahkoda tersebut. beberapa menit kemudian
Nahkoda KM SURYA HASIL LAUT 2 melanjutkan perjalanan dari pelabuhan pangkalbalam tujuan pelabuhan perikanan tanjung pandan.
Dan saya beserta Abk lainnya ikut langsung dikapal tersebut ke arah pelabuhan tanjung Pandan.Tutup Sappirudin.

( NKRIPOST / NURUL.H )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *