KKI Banten Menggelar Gasshuku dan Ujian Kyu

Nkripost.com, Tangerang — Gasshuku dan Ujian Kyu diadakan di halaman Puspem Tangerang, Minggu (15/11/2020). Kegiatan ini dilakukan secara berkala 3 bulan sekali atau 4 kali setahun.

Suwadi Sensei selaku ketua panitia pelaksana mengatakan ada 7 Dojo yang ikut serta yakni; Kriya Katenia Kanongan, SMK 2 Sepatan, Rajawali, PSM Serpong, Pitalaya, Sepatan Perumahan Tri Vitalis, SMP 3 Pasar Kemis. Dari 156 orang peserta, ada 7 orang yang terbaik. Dari sabuk putih 3 orang, sabuk kuning 2 orang, sabuk hijau 1 orang dan sabuk biru 1 orang.

Yoes Supeno Sensei selaku Ketua dewan guru KKI Banten menjelaskan bahwa gasshuku adalah penyamaan gerakan yang dilakukan pra ujian kenaikan sabuk. Kihon (gerakan dasar), Kata (jurus) dan Kumite (jenis pertarungan). Tujuan pelatihan dan ujian untuk mencari bibit-bibit unggul yang akan dijadikan atlit mewakili porki di ajang nasional dan internasional. Di Tangerang ada sekitar 14 perguruan karate dibawah porki. Peserta yang ikut kegiatan ini berusia 8 hingga 25 tahun. KKI biasanya mengadakan latihan di Universitas Muhammadiyah Tangerang. Adapun manfaat yang dirasakan para siswa yang ikut karate, mereka dapat masuk ke perguruan tinggi negeri melalui jalur prestasi tanpa tes, masuk ke kepolisian dan TNI juga dipermudah karena telah terlatih secara fisik dan kedisiplinan.

“Sebenarnya banyak siswa yang ingin ikut serta, sekitar 400 orang namun di masa pandemik Covid 19 kami membatasi hanya 156 orang dan dilaksanakan sesuai protokol kesehatan yaitu cek suhu tubuh, memakai masker dan menjaga jarak. Selama pandemik kami juga tetap melatih para siswa secara online. Kami buat grup WA dan memberi pelatihan melalui zoom agar para siswa tetap berlatih di rumah,” ujar Yoes.

Hal senada juga disampaikan oleh R.Hardiyanto Prijokoesoemo Sensei, Ketua harian Pengprov KKI Banten, walaupun ada pandemik Covid 19 siswa tetap harus rutin berlatih agar setiap pertandingan dapat meraih medali. Kami akan terus mencari dan melatih bibit-bibit baru.
(fri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *