SELAMAT DATANG DI NKRI POST
TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI KAMI
SAMPAI JUMPA LAGI

KH Yunahar Ilyas Tutup Usia, Indonesia Kehilangan Pendakwah Tangguh

BAGIKAN :
Ketua PP Muhammadiyah, Prof Dr KH Yunahar Ilyas.

MAKASSAR, NKRIPOST.COM – Ketua PP Muhammadiyah yang juga Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Prof Dr KH Yunahar Ilyas menghembuskan nafas terakhir, Kamis (02/0/2020) malam.

Guru Besar Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini tutup usia di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Sarjito Yogyakarta, Jalan Kesehatan Yogyakarta sekira pukul 23.47 WIB dini hari.

“Innalilahi wainna ilaihi rajiun, telah meninggal dunia Prof. Dr. KH. Yunahar Ilyas, Lc Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah pada tanggal 2 Januari pukul 23.47 di RS Sarjito Yogyakarta,” kata Ketua PP Muhammadiyah, Agus Taufiqurrahman dalam laman muhammadiyah.or.id, Jumat (03/01/2020).

Ia menjelaskan, penyebab kesehatan Yunahar menurun lantaran fungsi ginjalnya sudah tidak berjalan secara optimal. Kemarin sempat direncanakan untuk menjalani pencangkokan ginjal, namun nasib berjalan lain.

“Namun karena kondisi Prof Yun menurun kemudian dirawat di ICU,” katanya.

Agus mengaku dedikasi Yunahar terhadap perkembangan dunia dakwah di Tanah Air begitu terasa hingga detik-detik terakhir yang bersangkutan menghadap ke pangkuan illahi.

Loading...

“Bahkan dalam kondisi kurang sehat pun beliau masih aktif berdakwah. Kajian dan karya-karya beliau selalu menginspirasi kami generasi di bawah beliau,” ujarnya.

Ditahui, Yunahar yang merupakan putra Bukittinggi kelahiran 22 September 1956 ini menjadi anggota Muhammadiyah sejak 1986.

Selama di Muhammadiyah, ia pernah menjabat sebagai Ketua Majelis Tabligh dan Dakwah Khusus PP Muhammadiyah periode 2000-2005 dan pada periode 2005-2010 menjabat sebagai Ketua PP Muhammadiyah.

Di luar Muhammadiyah, Yunahar tercatat sebagai salah satu unsur ketua di Majelis Ulama Indonesia Pusat. Sehari-hari, bekerja sebagai Dosen atau Guru Besar di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sejak 1987.

Terbitkan Pada: 3 Januari 2020 by NKRI POST

BAGIKAN :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Untuk Informasi Silahkan Hubungi Kami
Untuk Informasi Seputar NKRIpost Bisa Hubungi Kami