Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Minta TKI yang Pulang Didata

BAGIKAN :
Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Mayjen TNI Andi Sumangerukka (kiri) bersama Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah (kanan).

MAKASSAR, NKRIPOST.COM – Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulsel Mayjen TNI Andi Sumangerukka bakal terus berkoordinasi dengan pihak imigrasi dalam mengantisipasi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang pulang kampung.

Menurutnya, sekitar 772 TKI yang harus diawasi dan dijaga ketat, sebab ada diantara TKI pulangnya tidak ilegal.

“Mereka TKI resmi, jadi pulangnya juga resmi sehingga terdata. Tapi ada juga TKI yang tidak resmi, jadi pulangnya tidak resmi juga. Nah ini yang kita waspadai,” ungkapnya kepada wartawan, Minggu (29/3/2020).

Panglima Kodam (Pangdam) XIV Hasanuddin menyebutkan, kebanyakan TKI ilegal menggunakan jalur tikus untuk pulang kampung ke Sulsel.

“Kalau jalur udara, laut sih bisa terpantau di Bandara dan Pelabuhan. Nah, kalau jalur tikus itu sulit karena jalur ini terselubung, bisa melalui darat dan pelabuhan penyeberangan rakyat,” tuturnya.

Oleh sebab itu, dirinya meminta peran kepala daerah setempat untuk mendata setiap pemudik yang datang ke Sulsel.

“Ini kan bahaya mereka membawa virus dari daerah itu ke daerah yang dituju. Tapi perlu kesadaran orang itu sendiri agar tidak pulang kampung dulu, karena membahayakan keluarga dan orang lain. Itulah pentingnya social distancing dan physical distancing yang terus digaungkan ke masyarakat,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, Mayjen TNI Andi Sumangerukka menjabat sebagai Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulsel setelah Kadis Kesehatan Sulsel dinyatakan positif terjangkit virus corona.

Publikasi : 29 Maret 2020 by admin

BAGIKAN :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Untuk Informasi Silahkan Hubungi Kami
Untuk Informasi Seputar NKRIpost Bisa Hubungi Kami