Ketua DPR RI Puan Maharani: Pembagian AKD DPR Berdasar Perolehan Kursi

BAGIKAN :

JAKARTA – Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) siang ini menggelar rapat untuk membahas alat kelengkapan dewan (AKD).

Ketua DPR Puan Maharani mengatakan dalam rapat pimpinan tersebut, pembagian posisi di AKD akan dibagi secara proporsional sesuai dengan aturan UU MD3 yang mana disesuaikan dengan perolehan kursi pada Pemilu 2019.

“Ya sesuai dengan UU MD3, kan memang semua itu akan proporsional sesuai dengan perolehan kursi atau suara saat pemilu. Namun saya berharap bahwa semua proses ini tetap saja akan kita lakukan secara musyawarah mufakat,” kata Puan di Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (7/10/2019).

Ilustrasi ruang sidang paripurna DPR RI

Ia berjanji, pembagian AKD tidak akan dikuasai oleh partai-partai oposisi maupun partai pendukung pemerintah atau dibuat secara proporsional tidak seperti periode DPR lima tahun yang lalu.

“Yang terjadi lima tahun lalu itu saya berharap dalam proses demokrasi kepemimpinan ataupun proses DPR yang sekarang ini, saya berharap tidak akan terjadi lagi,” tuturnya.

“Karena apapun itu menjadi luka sejarah bahwa proses demokrasi yang sudah kita lakukan melalui proses pemilu kemudian menjadi berantakan, karena kemudian kita tidak saling menghargai dan menghormati. Karenanya kedepan ini kita harus saling menghormati dan menghargai,” ungkapnya.:

Saat ini rapat bersama pimpinan untuk membahas AKD tersebut sedang berlangsung. Rapat nampak dihadiri oleh Ketua DPR Puan Maharani, Wakil Ketua DPR yakni Rachmat Gobel, Aziz Syamsudin, Ahamd Sufmi Dasco. Sementara itu Cak Imin atau Muhaimain Iskandar nampak tidak ada dilokasi.

Diketahui sebelumnya AKD sendiri terdiri dari 11 pimpinan komisi dan 3 wakil ketua, 6 pimpinan lembaga berupa Badan Anggaran (Banggar), Badan Legsilasi (Baleg), Badan Urusan Rumah Tangga (BURT), Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD), dan Badan Kerja Sama Antar Parlemen (okezone)

Publikasi : 7 Oktober 2019 by admin

BAGIKAN :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Untuk Informasi Silahkan Hubungi Kami
Untuk Informasi Seputar NKRIpost Bisa Hubungi Kami