NKRIPOST.COM

Berita Seputar NKRI

SELAMAT DATANG DI NKRI POST
TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI KAMI
SAMPAI JUMPA LAGI

Kesulitan Air Bersih, Warga Di Kabupaten Belu Ini Terpaksa Konsumsi Air Sungai Walau Keruh

BAGIKAN :
Warga mengambil air sungai yang di gali disekitar bantaran sungai.

Nkripost, ATAMBUA NTT –  Kesulitan Air Bersih Melanda Warga Desa Sarabau Rt 02/Rw 01 Dusun Asulait, Kecamatan Tasifeto Timur Kabupaten Belu.

Pantauan Media ini di Dusun Asulait Sabtu (4/1/2020), untuk memenuhi kebutuan air bersih, warga di Dusun Asulait ini terpaksa harus mengkonsumsi air sungai yang di gali disekitar bantaran sungai.

Dan untuk mendapatkan air bersih yang di gali di sekitar bantaran sungai warga juga harus berjalan kaki satu hingga dua kilometer.

Lisa, salah seorang warga, yang ditemui di Sungai Asulait saat mengambil air di bantaran sungai mengatakan, aktivitas mengambil air bersih untuk kebutuhan masak sebagai rutinitas setiap pagi dan sore hari dan pihaknya harus mengali sumur kecil – kecil di bantaran kali walau kondisi kali kotor seperti saat ini.

Sedangkan untuk mencuci, lanjutnya, masyarakat mengunakan hasil tampungan air hujan jika ada dan apabila tidak turun hujan, mereka memilih untuk mencuci di kali Asulait.

“Kami disini susah sekali Air bersih baik di musim hujan maupun musim kemarau, kami tetap susah saja Ini kami bawa jeriken harus berjalan cukup jauh dan terpaksa ambil air di sumur – sumur kecil yang kami gali di pingir kali (sungai, red) habis kita mau bagaimana lagi”ujarnya.

Loading...

“Ini tadi malam ada hujan lebat yang air sungainya kotor begini, tapi kami tetap harus timba air disini e kaka ” katanya.

Ia mengatakan, warga yang menimba air tersebut, harus menggali di bantaran kali sehingga mendapatkan air bersih di sumur – sumur kecil itu, dengan daya tampungannya hanya sedalam setengah meter.

Air bersih itu juga, tambah Dia tidak bisa diambil setiap saat, karena apabilah turun banjir dengan intensitas besar, terpaksa masyarakat harus menunggu surut baru mengambilnya dengan membuat sumur – sumur kecil

” ini air yang kami gali ini juga, kita tidak bisa ambil terus e kaka karena kalau banjir datang tutup ambil semua, sehingga kita harus tunggu sampai banjir agak redah baru kita buat kembali sumur – sumur kecil untuk timba air”

Kondisi warga Di Dusun Asulait yang mengkonsumsi air kali ini menurutnya, telah berlangsung sejak lama namun hingga saat ini belum ada perhatian serius dari pemerintahan akan ketersediaan air bersih bagi masyarakat Asulait.

“kita mau bagaimana kaka, coba pemerintah dong bantu kita baik, tapi kalau dong sonde bantu kita ya, terpaksa kita masuk kali begini terus e “imbuhnya.(MSK)

NKRIPOST BELU – MARSEL

#BupatiBELU

#Airkeruh

#GubernurNTT

Terbitkan Pada: 13 Oktober 2020 by NKRI POST

BAGIKAN :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Untuk Informasi Silahkan Hubungi Kami
Untuk Informasi Seputar NKRIpost Bisa Hubungi Kami