Kerjasama Peningkatan dan Pendampingan UMKM, Bupati Belitung Teken MoU Dengan PT. MDS

13 Mei 2021 0 By NKRI POST

Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos Dan Direktur PT. MDS, Rachelthera Triyati Menandatangani MoU, Ruang Sidang Pemkab Belitung, Rabu, 5 Mei 2021.

Nkripost, Belitung – Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos., menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman dengan PT. Mitra Dinamika Sejahtera (MDS) tentang pelaksanaan kerjasama peningkatan dan pendampingan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) pemasaran dalam dan luar negeri Kabupaten Belitung, di Ruang Sidang Pemkab Belitung, Rabu, 5 Mei 2021.

Momentum penandatanganan MoU tersebut mengawali sambutannya Direktur PT. MDS, Rachelthera Triyati membukanya dengan sebuah pantun, “Bunga Mawar Dimeja Makan
Anggun Teduh Terlihat disini
Salam dan Hormat Kami Haturkan
Untuk Belitung Sang Mutiara Hati ”

Loading...

Direktur PT. MDS, Rachelthera Triyati mengatakan ke depan pihaknya akan melakukan pendampingan dalam pemasaran produk UMKM. Dirinya menyebut akan mengupayakan pemasaran semua jenis/sektor produk UMKM yang ada di Kabupaten Belitung.

Lebih lanjut Rachel, sapaan akrab Direktur PT MDS mengatakan, Dengan ditandantanganinya MoU tersebut merupakan bentuk komitmen dan Implementasi dari Pt. Mitra Dinamika Sejahtera sesuai arahan Pemerintah Pusat sebagai payung dalam mendukung Pembangunan daerah untuk membentuk system pengembangan Kreativitas dan Inovasi peningkatan Usaha Mikro, Kecil, Menengah , Pemasaran Dalam dan Luar negeri , Tehology, Wisata, Investasi daerah , pembangunan Sumber Daya Manusia/SDA di Kabupaten Belitung.

Menurutnya, merupakan suatu keharusan untuk menyiapkan dan meningkatkan Kualitas mutu Produk UMKM, Wisata, SDM di Kabupaten Belitung dalam menghadapi masa New Normal, Era Digitalisasi dan era Global dalam percepatan pemulihan Ekonomi Daerah pasca pademi.

Ia juga mengatakan, Salah satu Indikator itu adalah dengan memberikan kesempatan dilaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerjasama dengan PT. Mitra Dinamika Sejahtera untuk penyelenggaraan Pedampingan pada multi Usaha tersebut diatas secara keseluruhan tidak sectoral akan tetapi secara Gotong Royong sesuai arahan pemerintahan Pusat.

Dimana, menurutnya, PT MDS bertujuan membentuk system Terpadu pengembangan Kreatifitas dan Inovasi Pengusaha UKM/Wlsata dan pemasaaran Investasi sebagai wujud nyata kepedulian terhadap Usaha Kecil menengah serta pelestarian seni Budaya.

Dirinya juga mengapresiasi pemerintah kabupaten Belitung, menurutnya pemkab Belitung memiliki pemimpin yang bijak dalam mengambil keputusan, hal itu menurutnya dapat membuat kemajuan suatu daerah menjadi lebih cepat.

“Kami sangat Apresiasi kepada Bupati dan jajarannya karena niat nya memajukan UMKM sangat luar biasa dan ini tidak dimiliki oleh daerah yang lain. Kemajuan Daerah memajukan UKM dan Wisatanya sangat-sangat tergantung dari kebijakan kepala daerahnya untuk mewujudkan visinya .Dan kami Kemitraan MDS /GENSA semangat mendampingi pemerintahan Daerah Belitung untuk mencapai mimpi-mimpinya.”Ucap Rachel.

Direktur PT MDS juga dalam sambutannya tersebut berharap, melalui penantandatanganan bersama tersebut kedua belah pihak dapat berpegang teguh pada komitmen bersama yang telah di tuangkan dalam MoU.

“Mengingat kerjasama ini sangat penting, Kami berharap kita memegang komitment bersama baik pihak Pemerintahan Daerah Belitung terhadap Keseluruhan Program-program Unggulan PT. MDS dalam Tajuk GAleri Etnik Nusantara (GENSA), Rencana bangunana GENSA MALL (nama disesuaikan Daerah masing2), sentra Industri Factory Sharing bagi UKM dan expansi-expansi Promosi/ Networking Perdagangan Nasional & Internasional untuk itu kami mohon mempersiapkan Pengusaha UMKM /Produk Unggulannya , Wisata Unggulan , Rencana Investasi untuk memperoleh Pendampingan ,pendidikan ,tehnology dan pengetahuan sesuai dengan kebutuhan pembangunan daerah Belitung sehingga nantinya mereka dapat menghadapi dan mengatasi masalah-masalah Pemasaran, melayani masyarakat dalam GO DIgitalisasi dan Go EXPORT.”Jelasnya.

Terakhir Direktur Rachel menyampaikan rasa terima kasih nya kepada Bupati Belitung dan Pemerintah Kabupaten Belitung yang telah memberikan kesempatan kepada kepada Kemitraan PT. MDS.

“Sekali lagi dari Lubuk hati paling dalam kami ucapkan banyak terima kasih kepada Bupati dan jajarannya Pemerintahan Daerah Belitung yang telah berkenan memberikan kepercayaan dan kesempatan kepada Kemitraan PT. MDS.
Kami harap kerjasama ini dapat berjalan dengan baik ,lancar dan saling terbinanya komunikasi yang baik. Fast Respon dan Semoga nantinya para USAHA UKM , Wisata, Seni budaya dan Investasi dapat berkembang pesat dan maju siap mengikuti Tuntutan Pasar nasional dan Standar Internasional mendukung Indonesia Maju sehingga BELITUNG akan menjadi MUTIARA DUNIA.”Ujar Direktur PT. MDS, Rachelthera Triyati.

Sementara itu, Bupati Belitung, H. Sahani Saleh menyebut dalam pandemi saat ini lumpuhnya sektor pariwisata memberikan dampak yang sangat signifikan untuk UMKM, oleh karena itulah pihaknya memang merasa perlu bekerja sama dengan banyak pihak untuk melakukan pengembangan UMKM di pulau Belitung ini.

“Produk UMKM biasa dijadikan ole-ole oleh wisatawan, dimasa pandemi ini sektor pariwisata lumpuh, sehingga berdampak pada UMKM, oleh karena itulah kami rasa saat ini perlu melakukan kerja sama dengan berbagai pihak untuk pengembangan UMKM ini,” sebut Sahani.

Sahani juga menyebut proses pemasaran produk umkm harus dikemas sedemikian rupa, untuk melakukan penjualan yang lebih tinggi, harus dilakukan proses penjualan dengan strategi yang berbeda.

“Biar penjualan naik, tehnik pemasarannya harus berbeda,”ujar Bupati.

Dengan status baru belitung sebagai anggota UGG, Sahani berharap UMKM Belitung pun juga dapat ikut lebih dikenal luas didunia. (Red