Karya Nyata Di Harlah Fatayat NU Banyumas Gelar Giat Ramadhan dan Baksos

Karya Nyata Di Harlah Fatayat NU Banyumas Gelar Giat Ramadhan dan Baksos

NKRI POST BANYUMAS – Dalam rangka memperingati hari lahir Fatayat Nahdlatul Ulama yang ke 71, para pengurus Fatayat NU Kabupaten Banyumas mengelar berbagai kegiatan diantaranya adalah giat Ramadhan dan penyerahan paket sembako. Pentasyarufan sembako dilaksanakan beberapa titik di Kabupaten Banyumas baik yang dilakukan langsung kepada masyarakat dijalan maupun kepada warga melalui pengurus anak cabang dan ranting.

Ketua Fatayat NU Banyumas Eva Lutfiati Khasanah mengatakan peringatan harlah yang bertepatan dengan bulan ramadhan kali ini, tidak menyurutkan, perempuan-perempuan muda NU yang berada di bawah Badan Organisasi Otonom (Banom) Fatayat untuk berkiprah dan berbagi. Sebelumnya, PC Fatayat NU telah mengadakan istighosah dan seminar tentang pernikahan anak di bawah umur.

Loading...

“Dalam perayaan puncak yang diselenggarakan di hari sabtu tanggl 24 April 2021 di Gedung KBIH Arafat NU, diadakan Sema’an al-Qur’an oleh hafizhoh yang tergabung dalam Ikatan Hafidzoh Fatayat (IHF) satu khataman, parade dakwah hikmah ramadlan oleh 2 da’i fatayat, parade puisi, deklarasi Ikatan Hafidzoh Fatayat (IHF) dan di sempurnakan dengan acara fatayat berbagi, yaitu berbagi-bagi 1.000 paket sembako dan takjil kepada masyarakat yang kurang mampu dan anak yatim,” jelas Eva.

Menurutnya harlah dan semangat Ramadlan mempunyai kesatuan misi, selain Ramadlan sebagai sarana mendekatkan diri pada Allah, Ramadlan mengajarkan kita untuk berbagi dan lebih peduli sosial.

Eva menambahkan, beberapa kegiatan fatayat saat ini juga mengadaptasi perubahan terutama dengan adanya covid-19. Selain harus dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, mengurangi kapasitas peserta forum juga banyak kegiatan fatayat yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Hal ini sejalan dengan semangat harlah yang diusung oleh PP Fatayat Pusat yang menegaskan pentingnya kemandirian perempuan dalam menghadapi perubahan dengan sikap adaptif dan selektif.

“Pada puncak harlah, hadir tamu undangan diantaranya jajaran elit NU Banyumas, dari Ketua Syuriah, Ketua Tanfidiyah, Ketua Muslimat, Ketua Ansor, ketua Jam’iyyatul Qurra wal-Huffazh (JMQH), dan berbagai banom NU lainya di tingkat Kabupaten Banyumas. Adapun peserta harlah dibatasi per Anak Cabang 2 peserta, selebihnya mengikuti secara live melalui platfor digital,” lanjutnya.

Lebih lanjut, di usia fatayat NU ke 71 ini, Eva mengajak seluruh kader dan pengurus fatayat NU untuk muhasabah serta merefleksikan kembali program yang dirasa masih harus ditingkatkan sehingga akan lebih bisa dirasakan manfaatnya baik untuk anggota Fatayat maupun untuk masyarakat secara luas. .(sbr parsito)

NKRI POST JATENG (H Sabar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *