Kaesang Putra Jokowi Resmi Bergabung ke PSI, Ganjar dan PDIP Bereaksi Begini

Kaesang Putra Jokowi Resmi Bergabung ke PSI, Ganjar dan PDIP Bereaksi Begini

25 September 2023 0 By Tim Redaksi

NKRIPOST.COM – Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep resmi bergabung ke Partai Solidaritas Indonesia (PSI) pada Sabtu, 23 September 2023.

Hal ini turut mengundang komentar dari Bacapres Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo dan politikus PDIP, Deddy Yevri Hanteru Sitorus.

Ganjar mengatakan bahwa putra bungsu Presiden Joko Widodo alias Jokowi tersebut mempunyai hak politik.

Sehingga menurut Ganjar, Kaesang bisa merealisasikan hak demokrasinya.

“Dalam politik ini semua orang punya hak untuk berdemokrasi, jadi silakan siapapun,” katanya di kompleks Stadion Gelora Bung Karno, Ahad, 24 September 2023.

Sementara itu, Deddy menghargai keputusan Kaesang untuk bergabung dengan PSI.

Menurut Deddy, partainya tidak bisa melarang Kaesang untuk melakukan itu.

“Kita hargai anak muda mau berpolitik,” kata Deddy saat menjadi pembicara dalam talkshow Total Politik: Kian Dekat Capres Mulai Adu Gagasan, Dialog Skenario Dua Pasangan Masih Relevan? di Pancoran, Jakarta Selatan pada Sabtu, 23 September 2023.

Menurut Deddy, partainya ingin lebih fokus dalam memenangkan bakal calon presiden Ganjar Pranowo daripada mengurusi bergabungnya Kaesang ke PSI.

“Ini lebih bermakna bagi kita,” kata dia.

Ketua DPP PDIP beri saran kepada Kaesang

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Bidang Ideologi dan Kaderisasi Djarot Saiful Hidayat memberikan saran kepada Kaesang agar tidak gegabah dalam menentukan pilihannya untuk masuk ke sebuah partai politik.

Hal ini disampaikan Djarot setelah kencangnya isu Kaesang bergabung dengan PSI.

Djarot mengingatkan Kaesang mesti menyusuri latar belakang parpol tersebut.

Dia pun meminta putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu tak terburu-buru dalam menentukan pilihan.

“Saran saya adalah untuk masuk organisasi parpol itu ojo kesusu, ojo grusa-grusu. Coba dilihat dipelajari dulu bagaimana AD/ART (Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga) partai itu,” kata Djarot saat ditemui di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Kamis, 21 September 2023.

Berkaca pada karier politiknya, Djarot menyarankan Kaesang agar turut mengevaluasi dan mempelajari ideologi dari partai tersebut.

“Apakah ideologi itu benar-benar bisa diterjemahkan di dalam program perjuangan partai. Bisa juga dilihat dievaluasi atau direnungkan atau dipelajari bagaimana tata kelola organisasi parpol itu,” kata dia.

Selain itu, Djarot juga menyarankan Kaesang untuk memperhatikan bagaimana kesehatan dari partai yang akan dia ikuti, terutama soal eksistensinya dalam konstelasi politik nasional.

Djarot mengatakan bisa menjadi partai yang sehat atau justru hanya partai elektoral yang berbasis pencitraan.

“Kemudian boleh juga diperhatikan bagaimana sistem rekrutmen pendidikan politik dan kaderisasi dari partai tersebut. Semua partai. Tentang keputusan itu ada di tangan yang bersangkutan,” ujarnya.

Djarot lalu mengatakan bahwa Kaesang saat ini telah dewasa. Karena itu, dia pun menyerahkan keputusan kepada Kaesang untuk menentukan pilihannya.

“Ya, kita serahkan. Tapi saran saya adalah jangan grusa-grusu, jangan kesusu, pikirkan masak-masak. Kemudian dalami terlebih dahulu tadi yang apa saya sampaikan,” katanya.

PSI resmi menyatakan Kaesang sebagai kadernya usai menyerahkan Kartu Tanda Anggota (KTA) partainya.

Proses penyerahan KTA langsung dilakukan pimpinan DPP PSI di kediaman Presiden Jokowi di Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Jawa Tengah, Sabtu siang, 23 September 2023.

Penyerahan KTA yang disebut dengan nama Friendship Card itu dilakukan secara simbolis oleh Ketua Umum PSI Giring Ganesha kepada Kaesang setelah pertemuan yang berlangsung selama sekitar 1 jam.

Penyerahan KTA dilangsungkan di hadapan para awak media yang telah menunggu pernyataan resmi dari PSI dan Kaesang.

Momentum itu juga disaksikan Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSI Isyana Bagoes Oka, dan beberapa pengurus partai tersebut lainnya.

(Sa/ya)