Kadis Ancam Viralkan Oknum Wartawan, Nkripost Desak Bupati Kerinci Evaluasi Kadinkes Kerinci

Kadis Ancam Viralkan Oknum Wartawan, Nkripost Desak Bupati Kerinci Evaluasi Kadinkes Kerinci

21 Mei 2021 0 By NKRI POST
Adv. A. Ananias Atiboy

NKRIpost.com, Jakarta – Terkait beberapa pemberitaan di media Online tentang dugaan dinas kesehatan tidak menerima kartu tanda pengenal/ID card Pers dan LSM, dengan tujuan konfirmasi tentang penggunaan Dana penanganan Covid 19 anggaran tahun 2020 dan 2021, kepala dinas kesehatan Harmendizal sempat ancam akan Viralkan di media sosial dan akan lapor oknum wartawan ke Dewan Pers atas tulisan minta THR melalui Via Whatsapp kepadanya.

Hal tersebut di sampaikan saat media ini konfirmasi melalui Via Whatsapp 18 Mai 2021, untuk kelanjutan pemberita tentang penggunaan dana penanganan Covid 19, dengan tulisan bahasa daerah, “Apo perlu aku posting ini, Iko mintak THR melanggar Himbauan dewan Pers ” dan juga kepala dinas kesehatan Harmendizal, sempat melecehkan berita wartawan dengan tulisan melaui Via Whatsapp, “jangan buat berita dari hayalan” tulisanya.

BACA JUGA:

Surat Edaran Dewan Pers Bisa Memecah Belah Pers Indonesia

.

Selain itu, beberapa oknum wartawan juga pernah kedatangan seseorang yang namanya tidak disebutkan media ini, bahkan mendatangi rumah oknum wartawan dengan nada yang tinggi, seorang laki – laki tersebut mengatakan, “Jangan macam macam sama pak Wina/Harmendizal, kalau macam macam itu saya yang lawan.” ungkap seseorang itu.

Loading...

Terkait oknum yang mendatangi Wartawan, hal tersebut juga di bantah oleh Kadis Kesehatan tersebut di media ini.

“Saya tidak pernah memerintahkan siapapun untuk seperti itu , tapi kalau dia sendiri yang melihat ada org yang mau berbuat diluar batas terhadap saya mungkin inisiatif nya sendiri yang penting saya tidak pernah menyuruh seperti itu,” jawabanya.

BERITA TERKAIT:

Ouwh.. Kadis Dinkes Kerinci Enggan Di Temui Wartawan Dan LSM, Di Duga Ini Alasannya

.

Terkait jawaban ancaman Kepala Dinas Kesehatan Kerinci tersebut di kecam keras Adv. A Ananias Atiboy, CEO Media Korps Nusantara Group (MKN Group) yang di dalamnya termasuk salah satunya media Nkripost.co.

CEO MKN Group yang juga seorang Advokat menyesalkan ucapan Kadis Kesehatan Kerinci tersebut, yang menurutnya tidak elok di sampaikan oleh seorang Pejabat selevel Kepala Dinas Kabupaten.

“Pak Kepala Dinas Kesehatan sepertinya kurang memahami Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.”Ujar Atiboy

Menurutnya dalam Undang-undang Pers di Indonesia ada 3 keistimewaan hak yang dapat di tempuh oleh Kepala Dinas Kesehatan Kerinci yakni Hak tolak, Hak jawab, dan Hak koreksi sehingga tidak seharusnya menggunakan tindakan pengancaman.

“Sebagai Kadis, jika ingin mengadukan wartawan ke Dewan pers Karena merasa dirinya di minta THR, Silahkan langsung saja adukan, tidak seharusnya melakukan tindakan pengancaman seperti itu, jika dengan melakukan pengancaman seperti itu justru patut diduga pak Kadis tidak paham hukum.” Cetusnya.

Lebih lanjut menyikapi persoalan pengancaman tersebut, Pria yang juga aktivis antikorupsi sebagai Wapres Lembaga K.P.K meminta Bupati Kerinci segera mengevaluasi Kepala Dinas Kesehatan Kerinci Karena menurutnya tindakan pengancaman seperti itu sangat membahayakan Kebebasan Pers di Tanah Air.

“Banyak Jalur yang dapat dilakukan oleh Pak kadis untuk menjawab wartawan, namun pak Kadis lebih memilih untuk melakukan dugaan tindakan pengancaman, hal seperti ini sangat berbahaya bagi kebebasan pers di Tanah Air, terutama kebebasan bagi para Insan Pers di Kerinci dalam melaksanakan fungsi Kontrol Sosial Masyarakat. Sehingga kami meminta Bupati Kerinci segera mengevaluasi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kerinci.”Tegasnya. (Red)