Kadin Muara Enim Ajak Pegiat Usaha Dan UMKM Bersinergi

Kamar Dagang dan Industri

Nkripost, Muara Enim – 44 Pengurus Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kabupaten Muara Enim periode 2020 – 2025 resmi telah dilantik dan dikukuhkan oleh Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH, melalui Asisten 2 Amrullah Jamauddin, di Aula BASS (Balai Agung Serasan Sekundang) rumah dinas Bupati Muara Enim, pada Selasa 25 Februari 2020 lalu.

KADIN merupakakan wadah dan wahana komunikasi, informasi, representasi, konsultasi, fasilitasi danadvokasi pengusaha Indonesia, antara pera pengusaha Indonesia dan pemerintah, dan antara para pengusaha Indonesia dan para pengusaha asing, mengenai hal-hal yang berkaitan dengan masalah perdagangan, perindustrian, dan jasa dalam arti luas yang mencakup seluruh kegiatan ekonomi, dalam rangka membentuk iklim usaha yang bersih, transparan dan profesional, serta, serta mewujudkan sinergi seluruh potensi ekonomi nasional.

Selain itu dalam menjalankan Fungsinya, KADIN memiliki tugas Untuk mencapai tujuan sebagaimana dimaksud Pasal 3 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1987, serta Pasal 8 dan Pasal 9 Anggaran Dasar KADIN juga tugas pokok sebagaimana dimaksud Pasal 6, Pasal 7 dan Pasal 8 Undang-Undang Nomor 1 tahun 1987, serta:

  1. Memfasilitasi penciptaan sinergi antar pengusaha Indonesia dalam pemenuhan kebutuhan sumber daya.
  2. Melaksanakan komunikasi, konsultasi dan advokasi dengan pemerintah dalam rangka mewakili kepentingan dunia usaha.
  3. Mewakili dunia usaha dalam berbagai forum penentuan kebijaksanaan ekonomi.
  4. Memfasilitasi pengembangan tanggung jawab sosial perusahaan.
  5. Membudayakan etika bisnis dan tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance) dikalangan dunia usaha.
  6. Membina dan meberdayakan Organisasi Perusahaan dan Organisasi Pengusaha sehingga mampu berperan optimal dalam pembangunan dunia usaha.
  7. Memberikan akreditasi kepada Organisasi Perusahaan yang akan menerbitkan sertifikat sesuai dengan kriteria dan prosedur yang ditetapkan Kadin Indonesia.
  8. Memberikan jasa-jasa layanan, dalam bentuk pemberian surat keterangan, penengahan, arbitrase, dan rekomendasi surat-surat yang diperlukan bagi kelancaran usahanya.
  9. Melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh pemerintah serta memperjuangkan berbagai pelimpahan wewenang sesuai dengan semangat dan jiwa Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1987.
  10. Meningkatkan efisensi dunia usaha Indonesia dengan menyediakan pelayanan di bidang informasi pengembangan usaha, solusi teknologi, sumber daya manusia (SDM), manajemen kendali mutu (MKM), manajemen energi, lingkungan, dan sebagainya.
  11. Mendorong tumbuh berkembangnya kewirausahaan dan wirausaha baru serta mengembangkan bisnis baik yang memiliki lingkup nasional, regional maupun internasional.
Erdi Tohro, SH (Wakil Ketua OKK KADIN Kab. Muara Enim)

Demi Mendorong tumbuh berkembangnya kewirausahaan dan wirausaha baru, wakil ketua Organisasi Keanggotaan dan Kemitraan (OKK) KADIN Kab. Muara Enim Erdi Tohron, SH Mengajak kepada para pegiat usaha besar, menengah maupun kecil untuk bersinegi bersama KADIN membangun dan menumbuhkan perekonomian di Kab. Muara Enim.

“Kini telah hadir Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Di Kabupaten Muara Enim yang merupakan wadah atau tempat para pedagang, pelaku bisnis dan pengusaha besar dan menengah kecil yang akan di bina untuk mengembangkan sektor pedagang dan usaha” Ujar Erdi tohron,S.H wakil ketua OKK.

Bunda Hayati (Penggerak UMKM dan Koperasi Sumsel)

Ditemui ditempat yang sama Bunda Hayati selaku Penggerak UMKM dan Koperasi mengapresiasi para pengusaha UMKM, Koperasi dan para wiraswasta yang bergabung di dalam KADIN Kab. Muara.

Loading...

“Selamat dan Sukses Untuk para pengusaha UMKM, Koperasi dan para wiraswasta yang bergabung di dalam KADIN Kab. Muara Enim, semoga untuk kedepan KADIN Muara Enim bisa menjadi barometer keberhasilan dalam meningkatkan perekonomian rakyat.”Ujar Hayati. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *