Kades Boentuka Menolak, Rudolfus Tanu dan Yeremias Kolo Sebagai Perangkat Desa

Kepala Desa Boentuka Apris Fuah

NKRIPost NTT- TTS – Membangun Desa merupakan tanggung jawab seorang Kepala Desa. Demi pembangunan desa Kepala Desa Boentuka Apris Fuah tidak menerima Rudolfus Tanu dan Yermias Kolo untuk menjadi perangkat desa karena tidak memiliki kemampuan kerjasama dalam desa.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Desa Boentuka Apris Fuah melalui via telfon pada hari Sabtu, 19/09/2020 malam.

Persoalan yang sangat krusial menurut, Kepala Desa Boentuka adalah usulan nama-nama untuk pelantikan perangkat namun Camat Batu Putih TTS Menolak dengan alasan harus peringkat 1 sampai 5 yang diakomodir.

“saya sebagai Kepala Desa itu memiliki hak prerogatif untuk melantik perangkat desa sesuai Peraturan Bupati TTS Nomor: 38 tahun 2015 bahwa Kepala Desa mengusulkan dan menetapkan  perangkat desa sesuai kebutuhan desa dan kemampuan  yang dimiliki.” Jelas Apris Fuah.

Alasan Kepala Desa Boentuka tidak mau menerima Rudolfus Tanu Peringkat Ke-3 dan Yeremis Kolo Peringkat ke-5 sebagai Perangkat Desa karena tidak memiliki kemampuan kerjasama di Desa  demi kemajuan dan sinergitas di desa demi pembangunan.

“Memahami kondisi masyarakat desa. Tetapi kalau melantik perangkat desa yang tidak berbobot tentunya sangat berpengaruh terhadap pembangunan yang ada di desa ini”. Tambah Kades.

Loading...

Lanjut, kades menyampaikan sebagai Kepala Desa harus mengusulkan 2 nama, melihat dari peringkat terbaik dan sesuai kebutuhan, misalnya saya mengusulkan peringkat 1, 2, 4, 7, 9. Namun Camat Batu Putih Agustinus F. M Mallo tidak mau mengeluarkan rekomendasi, ada apa sehingga tidak mengeluarkan rekomendasi tersebut?.

“Peraturan Bupati TTS nomor. 38  tahun 2015 berbunyi bahwa Kepala Desa mengusulkan 2 nama dan dilihat dari peringkat baik itu ujian komputer dan wawancara. Wajib melihat peringkat terbaik namun saya KADES melakukan hal tersebut tetapi tidak diindahkan oleh Camat.” Tegas Kades Melanjutkan.

“Selain itu,  Kepala Desa bersama Sekretaris camat melaporkan hal ini ke Komisi III DPRD TTS, dan sudah melakukan rapat dengar pendapat (RDP) bersama DPRD Komisi III, hasil RDP tersebut dikembalikan ke Kepala Desa untuk mengambil Keputusan karena kepala desa memiliki hak untuk menentukan orang-orang yang berkompeten atau mampu kerja sama membangun desa, namun camat Batu Putih Agustinus F. M Mallo belum memberikan rekomendasi sampai saat ini.”Tegas Kades Boentuka.

Loading...

Hal ini disayangkan oleh Kepala Desa Boentuka Apris Fuah, karena sudah melakukan berbagai cara baik itu melakukan RDP bersama Komisi III DPRD  TTS. Hasil RDP nya  mendukung untuk Kepala Desa melantik perangkatnya yang dinilai mampu melakukan kerja sama di desa namun sampai hari ini belum ada pelantikan.

NKRIPOST NTT. Y Tamonob.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *