Kabar Gembira; Bagi Jemaah Luar Saudi Bisa Umroh Lagi 1 November 2020

Makkah

Nkri post.Riau | Jakarta – Kabar yang sangat menggembirakan bagi ummat Muslim datang dari Arab Saudi. Negara yang dipimpin Raja Salman itu kembali membuka pintu untuk ibadah umrah mulai 4 Oktober 2020 mendatang.

Hal ini ditegaskan Kementerian Haji dan Umrah setelah menangguhkan perjalanan ibadah  Umbro selama tujuh bulan, karena situasi pandemi corona Virus disease 2019 (Covid-19), namun pembukaan akan dilakukan secara bertahap, Rabu (23/9/2020)

Di tahap awal, 4 Oktober, umrah hanya diperbolehkan untuk warga Arab Saudi dan residen yang tinggal di sana. Sebagaimana dimuat Saudi State News Agency (SPA), hanya 30% jamaah yang diperbolehkan melakukan ibadah ini dari kapasitas Masjidil Haram.

Loading...

“Pada tahap pertama 6.000 warga dan penduduk akan diizinkan melakukan umrah per hari, mulai 4 Oktober,” kata kementerian. Di tahapan kedua, 18 Oktober, umrah akan dibuka dengan kapasitas 75% Masjidil Haram dan 75% Majid Nabawi, atau sekitar 15.000 jamaah, sebagaimana yang diberitakan cnbc Indonesia, tapi jamaah dari luar negeri masih belum diizinkan masuk.

Jamaah asal negara non Arab Saudi baru boleh melakukan umrah di 1 November 2020. Namun hanya dari negara yang bebas risiko Corona (Covid-19).
Kapasitas Masjid Haram dan Nabawi juga akan ditingkatkan, dimana kuota jamaah naik 100% kapasitas kedua tempat suci itu sekitar 20.000.

Tahapan terakhir, di mana umrah bisa dilakukan dengan jumlah normal lagi, 2,5 juta orang per hari, masih akan ditinjau ulang. “Kapasitas alami penuh, begitu ancaman pandemi dieliminasi,” tegas kementerian.

Umrah ditutup sejak Maret. Sementara haji, dilakukan dengan sangat ketat, di mana hanya warga Arab Saudi dan asing yang tinggal di negara itu yang diperbolehkan dengan bukti bebas dari Covid-19.(*)

Editor       : Buduman
Sumber    : cnbc Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *