Joe Biden Titip 3 Pesan Ini ke Presiden Jokowi, Isinya Serius!

Joe Biden Titip 3 Pesan Ini ke Presiden Jokowi, Isinya Serius!

24 September 2021 0 By Tim Redaksi

MENDADAK Presiden Amerika Serikat Joe Biden memberikan tiga pesan utama kepada Presiden Jokowi dan pemimpin dunia lainnya untuk melawan pandemi covid-19 yang masih berlangsung.

Pernyataan tersebut diungkapkan oleh Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin dalam jumpa pers virtual melalui YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (22/9/2021).

Menurut Budi Gunadi Sadikin, ketiga pesan itu diutarakan Joe Biden dalam Global Covid-19 Summit yang digelar secara virtual di sela-sela Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Ke-76.

Loading...

“Presiden AS menyampaikan tiga hal yang harus dilakukan pemimpin dunia sekarang, segera, saat ini juga. Pertama, kita harus berkomitmen bersama-sama, seluruh pimpinan dunia, untuk segera vaksinasi umat manusia secepat-cepatnya,” jelas Budi Gunadi Sadikin, Kamis (23/9/2021).

Menteri Kesehatan menjelaskan, hal kedua yang diminta Joe Biden dalam pertemuan itu adalah mengajak mempersiapkan seluruh alat kesehatan, obat-obatan, dan hal lainnya dibutuhkan dalam menghadapi pandemi ini.

Mulai dari kebutuhan oksigen, sarana testing hingga tracing, hingga vaksinasi dan obat-obatan.

Sementara yang ketiga, Joe Biden mengatakan pemimpin dunia harus membangun arsitektur ketahanan kesehatan global.

“Kita harus mempersiapkan bagaimana pembiayaan kesehatan dunia bisa ditata lebih baik. Sehingga kalau ada negara di dunia alami masalah kesehatan bisa segera dibantu, sama seperti ketika ada negara yang tengah kesulitan keuangan yang bisa dibantu badan internasional seperti IMF,” ungkap Budi Gunadi Sadikin.

Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, bahwa Jokowi menjadi satu dari empat pemimpin negara di dunia yang diundang secara pribadi oleh Joe Biden untuk menghadiri Global Covid-19 Summit tersebut.

Menurut Budi Gunadi Sadikin, Jokowi diundang Joe Biden dalam pertemuan itu untuk memberikan masukan bagaimana dunia bisa segera mengatasi pandemi Covid-19 yang telah berlangsung setahun lebih.

“Sudah ada 4,5 juta orang di dunia yang wafat karena Covid-19,” pungkasnya.

(NKRIPOST/GenPi)