Jika Rizal Ramli Jadi Presiden, Janjinya Bikin Jantungan

14 Juni 2021 0 By Tim Redaksi

MANTAN Menteri Ekonomi era Gus Dur Rizal Ramli mengaku prihatin sekaligus kaget dengan wacana pemerintah memberikan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) terhadap bahan pokok.

Menurut ekonom senior itu masalah Indonesia yang paling utama adalah kewajiban membayar bunga hutang 273 triliun satu tahun.

Loading...

“Mohon maaf, kalau Rizal Ramli jadi presiden, Insyaallah akan kejadian. Itu beban hutang yang 270 triliun kita akan potong jadi setengahnya,” ujarnya dalam YouTube Karni Ilyas Club, Minggu (13/6/2021).

Tidak hanya itu, Rizal Ramli juga berencana menggunakan setengah dana tersebut untuk memasang wifi gratis di seluruh Indonesia jika dirinya menjadi presiden.

Dia juga mengaku heran dengan pemerintah yang tidak fokus menyelesaikan permasalahan hutang dan bunga tersebut.

Sebab, menurutnya, pemerintah justru memperbanyak masalah dan tidak menyelesaikannya dengan meminjam uang dengan bunga 2 persen lebih tinggi.

Menurutnya penerimaan pajak rendah merupakan salah satu faktor yang menyebabkan pemberian PPN kepada bahan pokok dan sekolah.

“Pemerintah sedang panik dan kesulitan likuiditas. Akan tetapi kok tega-teganya mau kasih PPN kepada sembako, pendidikan, dan sebagainya,” ujarnya.

Tidak hanya itu, dia juga menilai pemerintahan hari ini sudah zalim. Dirinya lantas membeberkan bahwa sejak dulu pemerintah selalu jaga agar sembako itu murah.

“Kalau perlu sembako dan sekolah disubsidi. Akan tetapi ini kok tega? Sampai sembako pun pengen diembat juga pajaknya. Seperti kehilangan akal gitu,” tutur Rizal Ramli.

(Montt/GenPi)