Jembatan Ambruk di Barru Diduga Ada Aroma Korupsi, Kejati Diminta Periksa

BAGIKAN :
Jembatan di sungai Parangloang, Desa Balusu, Kecamatan Balusu, Kabupaten Barru ambruk akibat banjir

BARRU, NKRIPOST.COM – Aktivis Pemuda dan Mahasiswa (APM) Sulawesi Selatan soroti soal robohnya jembatan di Kabupaten Barru yang disebakan banjir besar.

Pasalnya, jembatan yang berlokasi di Padangloang, Desa Balusu, Kecamatan Balusu, Kabupaten Barru ini menelan anggaran 1,9 milliar dari APBD.

Pengerjaan fisiknya ditargetkan sekitar 111 hari selesai pada akhir Desember 2019 yang dikerjakan CV Karya Kami, namun baru mencapai 70 persen.

Ketua APM Sulsel Iksan Al-Faraby menganggap bahwa pengerjaan jembatan itu diduga ada aroma penggelapan anggaran. Sebab, target yang diberikan tak tercapai.

“Kami menduga ada aroma korupsi. Kurangnya pemantauan dan pengawasan sehingga jembatan itu dikerjakan hanya abal-abalan,” kata Iksan kepada awak media, Jumat (03/01/2019).

Untuk itu, kata Iksan, Kejati Sulsel harus segera turun tangan untuk melakukan penyelidikan terkait pengerjaan jembatan di Sungai Parangloang.

“Kami tantang Kejati Sulsel segera melakukan pemeriksaan. Karena di Barru terlalu banyak proyek “setan” yang kurang jelas,” tegasnya.

“Seperti analisa saya, sebenarnya target waktu pengerjaan jembatan tersebut di akhir 2019 untuk menghindari musim hujan, tapi hal itu tak dilakukan dengan serius akhirnya sekarang dihanyutkan banjir,” jelasnya.

Oleh karena itu, sambung Iksan, APM Sulsel menantang Kejati Sulsel segera bertindak dengan serius melakukan pemeriksaan sejumlah proyek di Kabupaten Barru.

“Kami minta Kejati Sulsel agar tak tutup mata. Hal ini memastikan bahwa Kepala Kejati Sulsel memang harus kembali menyelesaikan seluruh persoalan tindak pidana korupsi yang mandek. Bersamaan dengan itu, ketika surat mutasi itu dibatalkan oleh Kejaksaan Agung,” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, sebuah jembatan di Kabupaten Barru yang masih dalam pengerjaan akhirnya ambruk digilas banjir, Kamis (02/01/2020) sore.

Jembatan ini berada di Sungai Pandangloang, Desa Balusu, Kecamatan Balusu, Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan.

BAGIKAN :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Untuk Informasi Silahkan Hubungi Kami
Untuk Informasi Seputar NKRIpost Bisa Hubungi Kami