Jasmerah: Sejarah Awal Dibentuknya Kabupaten Bonebolango

BAGIKAN :

Gorontalo. NKRIPOST.COM – Tepatnya pada 30 September 2001 awal sejarah Bonebolango dibentuk dengan tujuan mensejahterakan Rakyat yang ada di empat kecamatan yang ada di Timur Gorontalo, yakni Kecamatan Suwawa, Kabila, Tapa dan Bonepantai yang saat
itu masih gabung dgn Kabupaten Gorontalo di namakan Wilayah dua.

Berawal dengan pertemuan dirumah kediaman Bapak Yos Wartabone di Suwawa dianggap sebagai tempat bersejarah karena disitulah Pahlawan Nasional Bapak Nani Wartabone semasa hidupnya menorehkan perjuangan yg penuh sejarah yang dikenal dgn peristiwa 23 Januari 1942. Jiwa patriotisme beliau rupanya yg menjadikan inspirasi dan semangat kepahlawanan itu menurun kepada Bpk Yos Wartabone.

Yang meneruskan perjuangan Bpk Pahlawan Nasional Nani Wartabone. Betapa sangat susahnya diawal perjuangan melahirkan Bonebolanga oleh sang ibu yakni KSPKB, dimana para tokoh pejuang yang hadir tinggallah beberapa yang ikut hadir dirumahnya Bpk Yos Wartabone. Terungkap cerita diawal penentuan siapa yang menjadi Ketua, saat itu semua yang hadir mendaulat Bpk Yos Wartabone yang pas jadi ketua, yang memenuhi syarat yakni, Kapasitas dan pengaruh yg harus ada pada diri seorang Pemimpin sebuah wadah perjuangan membentuk sebuah wilayah otonom pada saat itu.

Namun Yos Wartabone tidak bersedia beliau menginginkan para Generasi muda yang harus mengambil peran untuk perjuangan ini .Setelah melalui proses musyawarah sesaat maka ditunjuklah Bpk Yusdin Puluhulawa sebagai ketua dan Tokoh muda Bpk Miftahuddin Yasin sebagai Sekretaris dan Pak Yos didaulat menjadi Penasehat, pada saat jelang penetapan ketua ada Bpk Alex Olii juga diminta untuk menjadi ketua namun menolak, awallnya pak Yusdin juga menolak oleh karena kedepannya harus berhadapan dgn Bpk Ahmad Pakaya
pada saat itu adalah sebagai bupati Kab.Gorontalo yang dikenal saat itu adalah seorang Politisi yg sangat keras hati siapapun pada saat itu pasti akan berpikir seribu kali ketika menghadap Pak Guru Ama begitu beliau disapa.

Namun jiwa Patriotik Pak Yos Wartabone yang meyakinkan para yang hadir dipertemuan itu, beliau menyampaikan bahwa saya ada formula khusus untuk melumerkan batu cadas yg ada didepan, yang dimaksud adalah keras hatinya Pak Guru Ama sang Bupati. Maka saat itu keyakinan dari peserta yg hadir dipertemuan itu bergelora berhasil memberangus keraguan dihati para tokoh saat itu.

Maka mulailah awal perjuangan pembentukan Bonebolango yg menjadi sebuah Kabupaten dewasa ini. Tentu untuk memaknai peringatan 18 Tahun KSPKB ini seluruh masyarakat Bonebolango menandai dengan Evaluasi Bagaimana Bonebolango saat ini

Ditinjau dari 3 aspek yakni, Pemerintahannya, Pembangunannya dan Sosial Kemasyakatannya. Apakah sejauh ini sudah memenuhi tujuan yang terkandung dalam perjuangan dibentuknya Kabupaten Bone Bolango yang kita semua sangat mencintai negeri ini.

Namun terlepas dari kekurangan juga kelebihan yang kita rasakan selama ini Marilah kita berdoa agar Bonebolango yang tercinta ini akan menjadi lebih maju dan rakyatnya lebih sejahtera sebagaimana cita cita awal dibentuknya Daerah kita ini. Diakhir pertemuan peringatan HUT KSPKB pada hari senin tgl 30 September 2019 dirumahnya Bpk Yos Wartabone Beliau menitipkan pesan bahwa disisa umurnya yg sdh uzur ini beliau berharap agar para yang hadir ini menjaga dan mengawal Bonebolango yang dilahirkan dgn susah payah ini agar menjadi Daerah yang makmur dan sejahtera dibawa Lindungan Allah S WT.

Seiring dgn perjalanan waktu KSPKB saat ini di bentuk menjadi sebuah Yayasan Sosial yg bergerak dibidang yg juga untuk kemaslahatan rakyat Bonebolango sesuai dgn tujuan pendiriannya. Tutupnya kamis 3/10/2019

Pewarta : Sukri Ishak
Copyrigth@2019|NKRIPOST. GORONTALO
JAKARTA – GORONTALO

Publikasi : 3 Oktober 2019 by admin

BAGIKAN :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Untuk Informasi Silahkan Hubungi Kami
Untuk Informasi Seputar NKRIpost Bisa Hubungi Kami