Ini Perbedaan Polres, Polresta, dan Polrestabes

Ini Perbedaan Polres, Polresta, dan Polrestabes

1 Juli 2021 0 By Tim Redaksi

KEPOLISIAN Republik Indonesia memiliki struktur atau komando dalam setiap wilayah dan dipimpin oleh seorang pimpinan berdasarkan pangkat yang memimpin, mulai dari Polsek, Polres, Polresta, Polrestabes, hingga Polda.

Mungkin ada yang belum tahu perbedaan antara Polres, Polresta, dan Polrestabes karena dianggap memiliki kesamaan, mengingat penulisannya hampir mirip.

Sudah pasti Polres, Polresta, dan Polrestabes memiliki arti yang berbeda, berdasarkan wilayah dan sosok Kepala yang memimpin struktur komando tersebut. Berikut penjabarannya agar kamu nggak salah lagi.

Loading...

1. Polres

Polres berada di atas Polsek. Polres memiliki kepanjangan yakni Kepolisian Resor yakni struktur komando yang berada di wilayah Kabupaten atau Kota.

Polres dipimpin oleh seorang Kapolres yang memiliki pangkat AKBP atau Ajun Komisaris Besar Polisi.

Bila disamakan dengan pangkat di militer, AKBP setara dengan Letnan Kolonel.

2. Polrestabes

Polrestabes berada di satu tingkat di atas Polres. Polrestabes singkatan dari Kepolisian Resor Kota Besar yang biasanya merupakan ibu kota di sebuah provinsi, contohnya Bandung di Jawa Barat, Semarang di Jawa Tengah, dan Medan di Sumatera Utara.

Polrestabes biasanya dipimpin oleh Kapolrestabes yakni Polisi berpangkat Kombes Pol atau Komisaris Besar Polisi.

Bila dibandingkan dengan militer, Kombes.

Pol satu tingkat dengan pangkat Letnan.

Kombes Pol bisa dilihat dari tanda kepangkatan yang tertera pada seragam dengan tiga bunga sudut lima.

3. Polresta

Polresta kependekan dari Kepolisian Resor Kota, tetapi struktur komando di wilayah ini berada di Kabupaten dan Kota yang dinilai memiliki tingkat kriminalitas atau kerawanan sangat tinggi dibandingkan Kabupaten dan Kota yang lain.

Seorang Polisi berpangkat Komisaris Besar Polisi atau Kombes Pol mendapatkan tugas berat untuk menjaga keamanan dan mencegah adanya aksi kejahatan di wilayah Kabupaten dan Kota tersebut.

(NKRIPOST/Paragram)