Ini Kata ABP Jubir Covid-19 : 180 Kumulatif Kasus Terkonfirmasi Positif Covid-19 Di Babel

Ini Kata ABP Jubir Covid-19 : 180 Kumulatif Kasus Terkonfirmasi Positif Covid-19 Di Babel

NKRIPOST, BABEL – Data resmi laporan situasi dan perkembangan informasi terkait update kasus Covid-19 di Bangka Belitung yang disampaikan Andi Budi Prayitno (ABP) selaku Jubir GTPPC-19 Babel, maka Dengan adanya penambahan kasus konfirmasi dan suspect Covid-19, maka update kasus Covid-19 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, per hari ini Senin 20 Juli 2020, yaitu:

  • Kumulatif kasus konfirmasi : 180 (bertambah 4)
  • Dalam perawatan : 11 (bertambah 4)
  • Dinyatakan sehat & bebas Covid-19 (discarded) : 167
  • Meninggal dunia : 2

dengan detail sebaran sebagai berikut:

  • Pangkalpinang : 50
  • Bangka : 59
  • Bangka Tengah : 16
  • Bangka Barat : 22
  • Bangka Selatan : 9
  • Belitung : 18 (bertambah 1)
  • Belitung Timur : 6 (bertambah 3)

Dengan demikian persentase tingkat discarded atau orang yang dinyatakan sehat dari Covid-19 dan selesai isolasi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung saat ini berada dalam tren yang baik yakni di angka 92,78%, dan tingkat kematian orang yang terkonfirmasi Covid-19 sangat rendah yakni di angka 1,11%.

Kendati begitu, beberapa kasus Covid-19 terakhir di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung belakangan menunjukkan fakta bahwa transmisi lokal penularan Covid-19 masih terjadi, dan hal ini tak bisa diremehkan apalagi disepelekan.

Sejumlah kasus konfirmasi Covid-19 tersebut, mayoritas termasuk ke dalam kategori transmisi lokal dan sebagian kecilnya kasus impor. Oleh karena itu, sepatutnya hal ini menjadi warning dan perhatian bagi kita semua warga masyarakat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tak terkecuali bagi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kota/Kabupaten untuk lebih responsif dan proaktif dalam melakukan pengendalian kasus terutama “screening” atau deteksi dini terhadap penyebaran Covid-19, seiring dengan penerapan adaptasi kebiasaan baru (AKB) menuju tatanan normal baru yang produktif dan aman.

Sementara mengenai informasi terkait orang tanpa gejala (OTG), orang dalam pemantauan (ODP), dan pasien dalam pengawasan (PDP) yakni :

  • OTG : 3448, dalam proses pemantauan: 237 (berkurang ️180), selesai pemantauan: 3208.
  • ODP : 1134, dalam proses pemantauan: 23 (berkurang 2), selesai pemantauan: 1107.
  • PDP : 156, dalam proses pengawasan: 15 (berkurang 1), selesai pengawasan: 140.

Virus Corona (SARS-CoV-2) yang bertanggung jawab atas Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) ditularkan antarmanusia melalui kontak langsung, tetesan air liur (droplet) saat berbicara, bersin atau batuk, dan kemungkinan terbaru menyebar di udara (airborne) dalam rentang waktu yang cukup lama yakni 8 jam.

Sebagian besar orang yang terinfeksi Covid-19 menunjukkan gejala. Namun, ada pula orang tanpa gejala yang berisiko tinggi menularkan virus ke orang lain atau pembawa asimptomatik.

Asimptomatik adalah seseorang yang telah terinfeksi virus tapi tidak merasa sakit atau menunjukkan gejala apa pun. Ini berbeda dari pra-gejala, yang berarti seseorang tidak menunjukkan gejala pada tahap awal penyakit tetapi mengembangkannya nanti.

Bagi seseorang yang tidak menunjukkan gejala, waktu antara infeksi dan timbulnya gejala berkisar dari 1 sampai dengan 14 hari. Selain berisiko menularkan virus ke orang lain, orang yang tanpa gejala biasanya pernah melakukan kontak erat dengan kasus positif Covid-19.
(Sumber : GTPPC-19 BABEL/NKRIPOST/SUMARWAN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Untuk Informasi Silahkan Hubungi Kami
Untuk Informasi Seputar NKRIpost Bisa Hubungi Kami