Gubernur Anies Baswedan Dinilai Mulai Manfaatkan Sisa Jabatan untuk Galang Dukungan Pilpres 2024

29 April 2021 0 By KORPS Nusantara

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

NKRIPOST, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan belakangan ini rajin bergerilya turun langsung melakukan kerja sama pengadaan pangan serta hal lainnya. Muncul spekulasi Anies mulai mencari dukungan menuju Pemilu Presiden 2024.

Pengamat politik dari Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah mengamini dugaan tersebut. Dedi menilai Anies mulai menggunakan sisa masa jabatannya sebagai orang nomor satu di DKI sebelum Pilpres 2024.

Loading...

“Bisa dibilang, Anies tengah memanfaatkan waktu di satu setengah tahun sebelum lengser untuk memupuk simpati kepentingan kontestasi 2024 dengan menggunakan privilasenya sebagai Gubernur DKI,” ujar Dedi saat dihubungi, Kamis, 29 April.

Pemilu memang masih tiga tahun lagi. Memghitung waktu mungkin memang terlalu dini untuk berpikir politis. Hanya saja, menurut Dedi, menghimpun popularitas memerlukan waktu yang panjang.

“Terlebih, periode gubernur DKI Jakarta akan segera habis di 2022, sementara Pilkada baru akan ada di tahun 2024. Anies butuh waktu dari sekarang untuk menaikkan elektabilitas,” ungkap dia.

BACA JUGA:

Ketua MPR RI: Sudah Banyak Korban KKB, Tegas pada Mereka Bukan Langgar HAM

Seperti diketahui, safari Anies dimulai saat mengikuti kegiatan panen raya di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, pada Jumat, 16 April lalu. Panen raya ini merupakan kerja sama kontrak di bidang pangan antara PT Food Station Tjipinang Jaya dengan Gapoktan Sumber Makmur Cilacap.

Anies melanjutkan perjalanannya bertemu dengan Bupati Kuningan Acep Purnama untuk membahas peluang kerja sama di bidang pangan. Ia juga mengunjungi kedua orang tuanya pada Sabtu, 17 April.

Pada Minggu, 25 April, Anies bertolak ke Ngawi, Jawa Timur untuk kembali melakukan kerja sama guna memperluas cakupan serapan gabah untuk pasokan beras di Jakarta.

Tak cuma mengurusi kontrak pangan, Anies juga sempat mengunjungi Pondok Modern Darussalam Gontor, Ponorogo, Jawa Timur. Anies juga menginap di Kota Madiun dan bertemu wali kotanya, selain juga bertemu Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Kemarin, Anies menerima kedatangan Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir dan Sekda Sumedang Herman Suryatman di Balai Kota DKI Jakarta. Pertemuan ini terjadi pada Jumat minggu lalu.

Anies dan Dony berencana meningkatkan kerja sama di berbagai bidang antara Pemkab Sumedang dengan Jakarta, mulai dari pangan hingga pariwisata.(voi)