Gagal Gandeng RPM, Petani Kamanasa Siapkan Lahan 100 Ha untuk Sukseskan Program SAKTI

Nkripost, Malaka- Sebagian petani Desa Kamanasa Kecamatan Malaka Tengah Kabupaten Malaka gagal menggandeng program Revolusi Pertanian Malaka. Petani Desa Kamanasa sangat mengharapkan dukungan pemerintah dan pihak lain agar bisa mengoptimalkan pengelolaan lahan pertanian.

Sehingga, para petani menyiapkan lahan kurang lebih seluas 100 hektar untuk menyukseskan kegiatan swasembada pangan Program SAKTI ala kepemimpinan calon bupati Malaka, Simon Nahak dan calon wakil bupati, Kim Taolin jika keduanya terpilih dan memimpin Malaka lima tahun ke depan.

Loading...

Petani asal Desa Kamanasa, Yosep Leki mengatakan para petani sangat mengharapkan dukungan pemerintah dan pihak lain untuk mengoptimalkan lahan pertanian. Sebagian petani di Desa Kamanasa kurang mendapat perhatian, sehingga banyak lahan yang belum diolah secara maksimal.

Di Desa Kamanasa, kata Yosep banyak lahan pertanian di antaranya Dusun Sukabi Wedik memiliki lahan pertanian yang luas. Akan tetapi, belum dikelola karena kesulitan air, benih dan pupuk. Itulah, para petani mangharapkan dukungan dan perhatian supaya bisa mengelola lahan dengan maksimal.

Pendamping petani Desa Kamanasa, Joni Seran Laka mengatakan tidak boleh klaim keberhasilan suatu program pertanian berhasil. Budidaya jagung di Dusun Sukabi Wedik seluas kurang lebih 3 ha menjadi percontohan.

Alasannya, kata Joni jagung bisa dibudidayakan saat musim kering dengan daya dukung benih yang unggul, pemupukan, pengairan hingga pemasaran yang memberi jaminan. Sehingga, petani tidak merugi setelah mengolah lahannya.

Selanjutnya, lahan seluas 3 ha ditanami benih jagung Bisi 18 dengan hasil panen sebesar tujuh ton. Hasil panen ini cukup lumayan dan perlu dijadikan kebun contoh, darinya para petani bisa belajar untuk memanfaatkan lahan. Joni juga mengharapkan dukungan pemerintah agar menyediakan peraturan daerah tata kelola pertanian. (tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *