NKRIPOST.COM

Berita Seputar NKRI

SELAMAT DATANG DI NKRI POST
TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI KAMI
SAMPAI JUMPA LAGI

Forum Mahasiswa Advokasi Nasional Desak Presiden Resuffle Menteri BUMN

BAGIKAN :
Tuntutan Forum Mahasiswa Advokasi Nasional

NKRIPOST, Jakarta – Forum Mahasiswa Advokasi Nasional (Forman) mendesak Presiden RI Joko Widodo untuk segera mencopot Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erik Tohir.

Koordinator Forman Felix Martuah Purba menegaskan maklumat pencopotan tersebut penting dilaksanakan oleh Presiden Jokowi mengingat kinerja BUMN dalam beberapa waktu terakhir yang sangat buruk dan penuh dengan masalah yang menumpuk.

“Kami kira pencopotan menteri segera dilakukan oleh Presiden Jokowi dalam waktu dekat. Coba perhatikan saja, sejak awal banyak kasus di lingkungan ini. Mulai dari kasus Jiwasraya, PT Asabri, Penyeludupan Harley Davidson dan Bromton oleh petinggi PT Garuda Indonesia, yang di selundupkan lewat pesawat Garuda yang baru di beli, rangkap jabatan di BUMN, Inalum serta berbagai persoalan di Waskita Karya,” tutur Felix dalam rilis yang dikeluarkan Jumat (3/7).

Felix menegaskan Erik Tohir selaku Menteri BUMN dinilai tidak mempunyai kemampuan dalam mengelola BUMN. Padahal, sambungnya, BUMN adalah salah satu tulang punggung dalam pemasukan kas negara.

“Salah satunya yang sangat krusial saat ini adalah masalah gagal bayar yang dilakukan oleh  PT Waskita Karya (Persero) Tbk terhadap rekanan dalam pengerjaan proyek di beberapa lokasi,” ungkapnya.

Felix menambahkan, Waskita Karya bahkan sampai menunggak pembayaran rekanannya senilai Rp89 triliun. Nilai yang fantastis ini secara tidak langsung, tambah Felix, menimbulkan kecurigaan terhadap Waskita Karya dalam semua pengerjaan proyeknya, padahal dalam beberapa waktu ini Kementerian Keuangan sudah membantu Kementrian BUMN untuk melunasi hutang BUMN.

Loading...

“Lihat saja kan. Sudah terbantu oleh Kementerian Keuangan tapi belum saja Waskita Karya melunaskan. Contoh yang nyatanya seperti pada salah satu perusahaan sub kontraktor di periode sebelumnya dalam proyek instalasi listrik Polri di 5 lokasi dengan pihak Waskita yang belum terselesaikan kewajibannya oleh pihak Waskita,” imbuhnya.

Dengan kegagalan yang terus berulang seperti ini, Felix meminta Erick Tohir mundur dari jabatan nya sebagai Menteri BUMN, sekaligus mencopot Dirut Waskita Karya yang juga tidak peduli dengan pengusaha yang sudah melaksanakan kewajibannya.

Felix menegaskan agar mendesak Presiden Jokowi, KPK  dan DPR RI Komisi VI untuk menindaklanjuti masalah yang ada di BUMN khususnya Waskita Karya. Kalau memang dibutuhkan, tambahnya, datanya disiapkan oleh Forman untuk bekerjasama dalam hal ini.

“Jangan sampe ada dugaan bahwa di BUMN dan Waskita ada upaya memperkaya diri sendiri, orang lain, ataupun Korporasi terkait setiap pengelolaan dari BUMN & Waskita,” ungkapnya.

Gunakan Orang Dalam

Pengamat Ekonomi dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Bhima Yudhistira menilai meskipun ada banyak perombakan pada jajaran yang dilakukan oleh Erik Tohir tapi hingga saat ini belum ada kepuasan yang maksimal dari kinerja yang ditampilkan.

“Dengan membuka jenjang karir dan mendukung kinerja professional sangat diharapkan kinerja yang ditunjukkan juga sangat baik. Bahkan, BUMN bisa lebih positif ke depannya,” ungkap Bhima.

Bhima menjelaskan terkait reshuffle atau penggantian Erik adalah hak Presiden sehingga hal tersebut sangat bergantung dari Presiden Joko Widodo.

Dengan demikian, lanjutnya, agar ke depannya BUMN lebih positif dalam segala proyeknya Menteri BUMN siapapun diharapkan lebih baik memilih kalangan professional dari dalam lingkungan BUMN sehingga bisa menyalurkan kemampuan untuk memajukan BUMN.

Terbitkan Pada: 4 Juli 2020 by NKRI POST

BAGIKAN :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Untuk Informasi Silahkan Hubungi Kami
Untuk Informasi Seputar NKRIpost Bisa Hubungi Kami