Empat OPD di Pemkab Belu dapatkan Dana Bantuan 15 M untuk Pencegahan Covid – 19

BAGIKAN :
Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Belu NTT

NKRI POST, ATAMBUA – Dalam mencegah penyebaran Corona atau (Covid -19) di Wilayah Kabupaten Belu Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Pemkab Belu mengangarkan Dana  senilai kurang lebih 15 M.

Anggaran yang dikucurkan Pemda Kabupaten  Belu tersebut di alokasikan untuk tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yakni, Dinkes,Rumah Sakit Umum,Badan Penanggulangan Bencana Daerah  (BPBD) dan Satpol PP.

“Untuk bidang kesehatan kita sudah siapkan anggaran 15 M 156 juta Lebih,kita siapkan ini untuk empat OPD yakni Dinas Kesehatan,Rumah Sakit Umum,Badan Bencana,dan satuan Polisi Pamong Praja”Ujar Ketua Pelaksana Gugus Tugas percepatan penanganan covid -19 Marsel Mau Meta saat menggelar jumpa pers di lantai 2 aulah Dinas Kesehatan Senin (6/04/2020).

Selain anggaran 15 M lebih yang telah disiapkan oleh Pemkab Belu   lanjutnya,saat ini Pemkab Belu masih kesulitan dalam menyiapkan anggaran untuk masyarakat terdampak dan untuk jaring pengaman sosial.

Sehingga saat ini Pemkab Belu berusaha mengakali,dengan memangkas anggaran-anggaran perjalan dinas, agar dapat memperoleh anggaran untuk digunakan terhadap masyarakat terdampak secara ekonomi dan untuk jaring pengamanan Sosial.

“Tadi kita sudah sampaikan hal ini untuk Bupati dan sudah ada petunjuk dari Bupati sehingga saat ini BPKAD dan BPMD sementara bekerja untuk melakukan realokasi dan reposisi anggaran terhadap dua kegiatan besar ini”kata Mau Meta.

” Sehingga kita bisa mendapatkan anggaran untuk masyarakat yang terdampak secara ekonomi akibat Covid -19 ini dan untuk jaring pengamanan sosial”Sebut pelaksana ketua gugus Marsel Mau Meta yang juga merupakan Plt Sekda Belu ini.

Selain itu Ia menambahkan,dengan adanya covid 19 ini maka berimbas pulah pada Pendapatan Asli Daerah (PAD),Sehingga PAD Kabupaten Belu sebut Mau Meta akan dilakukan koreksi ulang.”dengan adanya Covid 19 ini PAD kita pasti akan dikoreksi”bilangnya.

“Dan hasil dari realokasi anggaraan tersebut sesuai dengan petunjuk Mendagri akan disampaikan ke pimpinan DPRD”ujar Mau meta.

Sedangkan Kepala Dinas Kesehatan Belu, dr. Joice Manek dalam jumpa pers tersebut menjelaskan
wabah covid -19 yang saat ini terjadi membutukan penanganan yang khusus sehingga membutukan biaya yang tidak sedikit untuk menanganinya.

“Covid 19 ini kasus khusus butuh penanganan khusus sehingga membutukan anggaran yang besar”ujar Joyce.

Covid -19 ini sendiri jelas Joyce merupakan penyakit yang sangat rentan terhadap kalangan dengan usia lanjut yang ketahanan tubuhnya mulai menurun”orang tua sangat rentan terhadap covid 19 ini”jelasnya.

Oleh karena itu, ia menganjurkan agar masyarakat menggunakan masker saat ditempat-tempat umum, agar bisa mencegah penularan Covid 19 melalui bersin-bersin atau batuk dari orang yang terinveksi virus.

“menurut penelitian virus ini bisa menular melalui bersin- bersin sehingga kita menganjurkan agar masyarakat menggunakan masker saat berada ditempat umum”pungkas dr.Joyce.

Namun untuk wilayah Kabupaten Belu sendiri lanjut Joyce,masyarakat semakin sadar akan bahaya dari Covid 19 ini,sehingga dari beberapa pekan lalu,masyarakat yang melakukan perjalanan di daerah zona merah Covid -19,dengan kesadarannya datang melaporkan diri ke Dinas Kesehatan Kabupaten Belu untuk di data.

“Pelaku perjalanan punya kesadaran untuk melaporkan diri,sehingga kita beritahukan utk 14 hari baru keluar,
karena masa inkubasinya itu 14 hari”bilangnya.

Selain itu,agar tidak mengganggu mental masyarakat yang dapat mengakibatkan turunnya ketahanan tubuh,ia meminta peran serta media dalam memberikan informasi-informasi yang baik terkait pencegahan yang dilakukan terhadap Covid 19.

“Jangan sampai satu yang sakit nanti lima yang meninggalkan karena ketakutan,itu tidak boleh terjadi” ujarnya.(Marcel)

Publikasi : 6 April 2020 by admin

BAGIKAN :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Untuk Informasi Silahkan Hubungi Kami
Untuk Informasi Seputar NKRIpost Bisa Hubungi Kami