SELAMAT DATANG DI NKRI POST
TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI KAMI
SAMPAI JUMPA LAGI

DR. Yusuf Yambe Yabdi, ST. MT Di Daulat DPN Badan Komunikasi Nasional Desa Se-Indonesia Menjadi Dewan Pakar

BAGIKAN :
DR. Yusuf Yambe Yabdi, ST. MT

JAKARTA – Badan Komunikasi Nasional Desa Se-Indonesia (BKNDI) adalah organisasi kemasyarakatan yang berafiliasi dengan kementrian dan lembaga terkait dalam pemerintahan yang membidangi urusan pembangunan, pendidikan, kebudayaan, perhubungan, pertanian, perikanan, perkoperasian di desa, di seluruh Indonesia.

Badan Komunikasi Nasional Desa se-Indonesia (BKNDI) menjadi salah satu organisasi masyarakat yang memiliki visi mewujudkan program Nawacita Jokowi dalam mengawasi dan mengontrol serta membantu pelaksanaan peningkatan kemajuan sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM) seluruh desa se-Indonesia.

Hal itu di sampaikan DR. Yusuf Yambe Yahdi, ST.MT, Dewan Pakar DPN Badan Komunikasi Nasional Desa Se-Indonesia (BKNDI) saat menggelar Jumpa Pers Di Hotel Ibis Jalan Bungur Besar Raya No.76 Jakarta Selasa 5/11/2019

Yusuf Yambe menegaskan Salah satu solusi pemerintah dalam upaya pemberdayaan masyarakat yang juga merupakan strategi percepatan ekonomi desa dalam mengurangi kemiskinan dan ketimpangan desa yaitu dengan Pemerintah mengalokasikan Anggaran Dana Desa.

“Dana Desa merupakan salah satu solusi dan strategi Pemerintah untuk percepatan ekonomi desa dalam mengurangi kemiskinan dan ketimpangan.” Ucap Yusuf Yambe

Dana desa adalah dana yang bersumber dari APBN yang diperuntukkan bagi desa yang ditransfer melalui anggaran belanja daerah kabupaten/kota.

Loading...

Dana ini digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat desa.

Baca juga: Forum Santri Indonesia Milad hari Santri Nasional 2019, Syukuran dan Doa atas Pelantikan

Penggunaan Dana Desa diprioritaskan untuk membiayai pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, peningkatan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan dan dituangkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Desa.

Lebih lanjut dalam jumpa pers tersebut, Mantan Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua DR. Yusuf Yambe Yabdi, ST. MT mengungkapkan, Salah satu fungsi pemanfaatan Anggaran Dana Desa adalah dengan pembangunan infrastruktur di desa karena dengan pembangunan di desa akan banyak memberi manfaat yang kelak dirasakan masyarakat. Pembangunan infrastruktur yang masif dan terencana akan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di pedesaan nantinya. Pembangunan yang masif dan terencana akan tergambar dalam setiap Profil Desa.

“BKNDI merupakan wadah yang dapat dijadikan sarana komunikasi antara masyarakat dengan kementerian sehingga secepatnya akan segera berdiskusi dengan kementrian desa juga mendorong agar setiap desa memiliki Profil desa.”Ucap DR. Yusuf Yambe Yabdi, ST. MT

Profil Desa adalah gambaran menyeluruh tentang karakter desa yang meliputi data dasar keluarga,potensi sumber daya alam,sumber daya manusia , kelembagaan , prasarana dan sarana serta perkembangan kemajuan dan permasalahan yang dihadapi desa.

Manfaat data Data Profil desa bukan saja berguna bagi pemerintah desa, tetapi juga bagi institusi Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat. Bahkan BUMN, BUMD dan perusahaan atau lembaga swasta lainnya memiliki kepentingan dan mungkin akan memanfaatkan data profi desa. Salah satunya ketika akan memberikan bantuan melalui program CSR.

Masih di tempat yang sama, Ketua Umum DPN BKNDI Isra A Sanaky menjelaskan keputusan Organisasi yang dipimpinnya memberikan kepercayaan kepada DR. Yusuf Yambe Yabdi, ST. MT sebagai Dewan Pakar karena pihaknya menilai sang Dewan Pakar merupakan salah satu Tokoh dan putra terbaik asal Papua yang memiliki keahlian dan sudah sangat pakar di bidangnya sehingga perlu untuk di ambil pengalamannya

“Beliau (DR Yusuf Yambe Yahdi, ST.MT) merupakan tokoh dan salah satu putra terbaik bangsa Indonesia asal Papua yang mumpuni di bidang keahliannya yang harus di ambil pengalamannya sehingga sangat tepat untuk kami memutuskan meminta beliau menjadi dewan pakar DPN BKNDI.” Tutur Ketua Umum DPN BKNDI Isra A Sanaky.

Isra A. Sanaky, Ketua Umum DPN BKNDI, Bendahara Umum FSI

Lebih lanjut Ketua Umum DPN BKNDI Isra A. Sanaky juga merupakan Bendahara Umum Forum Santri Indonesia (FSI) dengan Ketua Pelindungnya adalah Wakil Presiden Ma’ruf Amin, menjelaskan bahwa kedua Organisasi Masyarakat (Ormas) tersebut senantiasa saling bersinergi dan saling mendukung dalam program dan kegiatan.

“BKNDI dan Forum Santri Indonesia (FSI) merupakan dua Organisasi Masyarakat (Ormas) yang senantiasa saling bersinergi dan saling mendukung dalam program dan kegiatan.”Ucap Isra sapaan Akrab Ketua Umum DPN BKNDI Isra A. Sanaky mengakhiri.(Igus)

Terbitkan Pada: 6 November 2019 by NKRI POST

BAGIKAN :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Untuk Informasi Silahkan Hubungi Kami
Untuk Informasi Seputar NKRIpost Bisa Hubungi Kami