Kategori
Kesehatan MUSIBAH

Doa Yang Bisa Dibaca Agar Terhindar Dari Wabah Virus Corona

BAGIKAN :

NKRI POST – Penyakit bisa datang kapan saja, termasuk virus Corona yang kini telah menjadi pandemi di Indonesia. Jika kita tak menjaga kesehatan, beberapa gejala seperti flu, demam, batuk hingga sakit kepala bisa menyerang tubuh kita.

Tidak hanya menjaga kebersihan dan pola makan sehat, umat Muslim juga bisa memanjatkan doa-doa untuk mencegah berbagai penyakit, termasuk virus corona.

Dikutip dari Syarah Riyadhus Shalihin Jilid 4 dalam hadits nomor 1484 diriwayatkan dari Anas RA, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam pernah membaca doa berlindung dari segala penyakit. Doanya adalah sebagai

berikut:

“Wa an annas radhiyallahu anhu an nabiya shallahu allahi wasallam kana yaqulu, Allahumma innii a’uudzu Bika Minal Baroshi wal Junuuni wal Judzaami wa min Sayyi-il Asqoom”.

Artinya: Dari Anas radhiyallahu anhu bahwasanya Nabi Muhammad shallahu allahi wasallam mengucapkan doa: Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari penyakit belang (kulit), gila, lepra, dan dari keburukan segala macam penyakit.

Hadits ini diriwayatkan oleh Abu Dawud (1554) dan an-Nasa-i (VIII/270) melalui dua jalur, dari Qatadah dan Anas RA. Masih dikutip dari Syarah Riyadhus Shalihin Jilid 4 halaman 474, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam merasa perlu berlindung kepada Allah SWT dari penyakit parah sebab khawatir tak mampu menahan kesabaran. Walhasil kemudian karena tak sabar, kita terperangkap dalam kegelisahan menanggungnya, sehingga berakibat hilangnya pahala kebaikan.

Selain doa di atas, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) juga sempat menyarankan untuk membaca Sholawat Tibbil Qulub.

Berikut bacaan Sholawat Tibbil Qulub seperti tertera dalam surat PBNU:

اللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا، وَعَافِيَةِ الْاَبْدَانِ وَشِفَائِهَا، وَنُوْرِ الْاَبْصَارِ وَضِيَائِهَا، وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّم

Allahumma sholli ‘alaa Sayyidinaa Muhammadin thibbil qulubi wa dawa ihaa wa’aafiyatil abdaani wa shifaa ihaa wa nuuril abshoori wa dhiyaa ihaa wa ‘alaa aalihi wa shohbihi wa sallim.

Artinya:

“Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, sebagai obat hati dan penyembuhnya, penyehat badan dan kesembuhannya, sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya. Dan semoga rahmat tercurah limpahkan kepada para sahabat beserta keluarganya.”

Ada juga doa yang bisa dibaca umat Muslim agar terhindar dari wabah virus Corona. untuk berdoa kepada Allah SWT.

Ini biasa dibaca bagi yang ratiban, doa ratibul atthos. Kalau saya membaca melantunkan begini artinya wahai dzat yang memberikan keamanan kepada orang-orang yang takut, berikanlah kami keamanan dari perkara yang kami takutkan. Selamatkanlah, bebaskanlah kami dari perkara yang kami takutkan,” ujar Khofifah kepada detikNews beberapa waktu lalu.”[shen].

BAGIKAN :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *