Demokrasi Indonesia Dinilai Tak Harmonis, OPM: Stop Pelanggaran HAM

BAGIKAN :
Sejumlah massa Organisasi Pergerakan Mahasiswa (OPM) menggelar aksi unjuk rasa peringati Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia di Jalan Sultan Alauddin Makassar, Selasa (10/12/2019) siang.

MAKASSAR, NKRIPOST.COM – Organisasi Pergerakan Mahasiswa (OPM) kembali menggelar aksi unjuk rasa memperingati Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia, di Jalan Sultan Alaudin Makassar, Selasa (10/12/2019).

Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia yang jatuh setiap tanggal 10 Desember merupakan momentum yang bersejarah bagi umat manusia di seluruh penjuru dunia.

Menurut Jenderal Lapangan Aksi, Zulfikar Al-Mahdi, memperingati hari HAM merupakan suatu bentuk upaya kita agar kiranya hal-hal yang berkaitan dengan kemanusiaan (Humanisme) itu seharusnya tetap menjadi prioritas utama negara untuk tetap mewujudkan warga negara yang harmonis dan demokratis.

“Aksi ni adalah sebagai wujud konsistensi mahasiswa dan pemuda dalam memperingati HAM, khusus kami Organisasi Pergerakan Mahasiswa,” katanya.

Aksi yang digelar OPM dengan mengangkat grand isu “Indonesia Krisis Demokratis” berlangsung sejak pukul 14.00 Wita, siang tadi.

Terpantau, mereka melakukan orasi secara bergantian dan menahan mobil truk sebagai panggung orasi serta membakar bakan bekas.

“Kami hadi untuk mendeklarasikan segala polemik-polemik kemanusiaan yang terjadi di negeri ini terkhusus di tanah air indonesia,” teriak Zulfikar Al-Mahdi.

Zulfikar merasa sangat miris melihat kondisi dan keadaan negara saat ini yang tidak memikirkan apa yang kemudian menjadi kebutuhan setiap warga negaranya.

Dia juga menyatakan negara hari ini seolah melepas tangan dalam upaya menjamin harkat dan martabat setiap umat manusia.

“Kami sangat prihati kondisi kemanusiaan di Indonesia hari ini, di mana hal itu telah diatur dalam Undang-undang Republik Indonesia No. 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia,” tutur Mahasiswa UIN Alauddin Makassar ini.

Lebih lanjut Zulfikar menegaskan, maka dari itu dalam momentum Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia ini kami dari Organisasi Pergerakan Mahasiswa (OPM) menyatakan sikap.

1. Usut tuntas segala macam bentuk pelanggaran HAM yang ada di tanah air Indonesia.
2. Hentikan segala bentuk tindakan represif terhadap mahasiswa dan Aktivis serta seluruh elemen pergerakan rakyat.
3. Berikan jaminan demokratis di ruang publik.
4. Ciptakan reforma agraria sejati.
5. Sejahterakan Buruh, Petani, dan Rakyat Miskin Kota.

Publikasi : 10 Desember 2019 by admin

BAGIKAN :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Untuk Informasi Silahkan Hubungi Kami
Untuk Informasi Seputar NKRIpost Bisa Hubungi Kami