CEGAH LONGSOR, SATGAS PAMTAS YONIF RAIDER 142/KJ DAN PMI BELU TANAM 500 ANAKAN POHON

BAGIKAN :

ATAMBUA, NKRIPOST – Dalam rangka mencegah terjadinya longsor, Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ dan PMI Kabupaten Belu melakukan Penanaman anakan pohon di Desa Sarabau,Kecamatan Tasifeto Timur,Kabupaten Belu.

Pantauan awak Media NKRIPOST , Kegiatan penanaman 500 batang anakan pohon berbagai jenis tersebut dilakukan disekitar Bantaran sungai Asulait dan dilakukan oleh beberapa personil TNI Sagtas Pamtas RI-RDTL bersama PMI Kabupaten Belu dan beberapa orang warga masyarakat Desa.Sabtu 4/1/2020

Penanaman yang dilakukan untuk mencegah terjadinya longsor dan sebagai upaya penghijauan,ujar Dansatgas Pamtas Yonif R 142/KJ Letkol Inf.Ikshanudin saat di temui di Mako Satgas Pamtas.

Kegiatan penanaman anakan pohon yang dilakukan menurutnya bisa terlaksana berkat kerjasama antara Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ dan Palang Merah Indonesia Kabupaten Belu.

” Kegiatan itu terjadi berkat kerja sama kita dengan Pihak PMI Belu Sebab, Selain melaksanakan tugas pokok menjaga keamanan wilayah perbatasan Indonesia – Timor Leste, Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ juga, mendukung program-program Pemerintah Pusat maupun Daerah melalui program Pembinaan Teritorial Satuan Non Komando Kewilayahan (Binter Satnonkowil) melalui koordinasi bersama Satuan Komando Kewilayahan setempat”ujarnya.

Lebih lanjut Ia mengatakan, Penanaman pohon tersebut difokuskan pada daerah atau wilayah yang tandus serta pinggiran sungai, sehingga diharapkan dapat mengurangi resiko longsornya tanah di daerah pegunungan dan terkikisnya dinding aliran sungai atau abrasi yang terjadi akibat derasnya arus air pada saat musim penghujan.

Sementara itu, Komandan KSR PMI Belu Octavianus Nandyttho Fatin mengatakan. Pihaknya, mewakili Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Belu mengucapkan terima kasih atas kerjasama bersama personel Pos Asulait sehingga kegiatan tersebut dapat berjalan baik dan semoga kedepan pihaknya bisa bekerja sama lagi dalam kegiatan – kegiatan kemanusian lainnya.

” Saya mewakili Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Belu mengucapkan terima kasih atas kerjasama bersama pihak Pos Asulait yang telah mendukung kegiatan ini dari awal sampai akhir hingga kegiatan kita dapat berjalan dengan aman dan lancar”sampai Fatin.

Lanjutnya,Kegiatan seperti ini telah dilakukan di 2 desa sebelumya yaitu Desa Rafae dan Fatuketi, sebagai Tindak lanjut dari program Membangun masyarakat aman dan tangguh ( MATA ) yang pernah dilaksanakan di desa – desa Dampingan PMI Belu.

“Dan ini tidak hanya kita lakukan penanaman pohon, tetapi juga kira bersama dengan personel Pos Asulait dan warga masyarakat Dusun Asulait juga akan melakukan pemeliharaan terhadap pohon-pohon yang telah kita tanam,” Tutup Fatin.

NKRIPOST BELU – MARSELINO

BAGIKAN :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Untuk Informasi Silahkan Hubungi Kami
Untuk Informasi Seputar NKRIpost Bisa Hubungi Kami