SELAMAT DATANG DI NKRI POST
TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI KAMI
SAMPAI JUMPA LAGI

Cegah Abrasi Pantai Tanjung Pandan Kodim 0414/Belitung Giat Penanaman Mangrove Gandeng HKM Juru Seberang

BAGIKAN :

NKRIPOST, TANJUNG PANDAN – Kodim 0414/Belitung, Pulau Belitung yang sebagian besar daerah Pantai dan letak geografisnya di tengah lautan sangat rawan abrasi, untuk pencegahan abrasi dan menghijaukan Pesisir Pantai maka Kodim 0414/Belitung menggelar Program penanaman pohon Mangrove di lokasi HKM Desa Juru Sebrang Kecamatan Tanjungpandan Kabupaten Belitung dengan tema Bersama Lestarikan Bumi Indonesia Demi Masa Depan Penerus Bangsa, Jumat (17/7/2020).

Hadir dalam Penanaman pohon Mangrove Dandim 0414/Belitung diwakili Kasdim 0414/Belitung Mayor Inf Tri Joyo, Kadin Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung Edi Usdianto, Danramil 01/Tanjungpandan, Danramil 04/Membalong, Pj Danramil 06 dan Para Perwira Staf Kodim 0414/Belitung, Dansub Denpom Persiapan Belitung Lettu Cpm Deni Catur SH, Kakanminvecad II/20 Belitung di wakili Kapten Caj Herman, Kapos Kes 02.10.10 Tanjungpandan Sertu Seno Aji, Dansat Brimob Batalion B Pelopor di wakili Bripka Boby Riansyah, Kapolsek Tanjungpandan diwakili Aiptu Pinem, Sekdes Juru Sebrang Adriansyah, Ketua HKM Sebrang bersatu Marwandi SH, FKPPI, Saka Wira Kartika, Satgas lebah, personel yang terlibat 150 orang.

Personel yang terlibat kegiatan penanaman pohon dalam rangka Karya Bakti penanaman Mangrove satu Peleton Anggota Kodim 0414/Belitung, satu Regu SatBrimob Bataliyon B Pelopor, satu Regu Anggota Polres Belitung, satu Regu Anggota Sat Pol PP, 20 orang Dinas Lingkungan Hidup, sepuluh orang Ormas FKPPI, Pelaku Wisata dan Masyarakat, Siswa Pramuka Saka Wira Kartika

Dalam sambutan Damdim 0314/Belitung yang di sampaikan Kasdim 0414/Belitung Mayor Inf Tri Joyo mengatakan kegiatan Penanaman pohon Manggrove merupakan rangka program penghijauan.

“Pagi ini dalam rangka program penghijauan, penanaman pohon Manggrove ini dengan tema “Bersama Lestarikan Bumi Indonesia Demi Masa Depan Penerus Bangsa” yang bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung di HKM Juru Sebrang tahun 2020 di area pantai yang sekaligus menghijaukan destinasi wisata di Kabupaten Belitung”,ujarnya.

Adapun tujuan dari penanaman pohon Manggrove ini adalah untuk memulihkan kerusakan sumber daya alam terutama hutan Manggrove dan mencegah timbulnya abrasi pantai, bencana banjir, mengurangi pemanasan global, dan sekaligus sebagai ruang terbuka hijau untuk mengurangi polusi udara. Dengan membangun budaya sadar menanam pohon manggrove dapat membentuk sikap pribadi anak bangsa yang bertanggung jawab.

Loading...

secara umum kondisi hutan Manggrove yang ada di Kabupaten Belitung mengalami penurunan jumlah luas hutan lindung Pantai akibat dari pembangunan, perusakan pohon Manggrove oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk kepentingan pribadi. maka perlu di tumbuhkan kesadaran semua elemen masyarakat yang tinggi untuk berperan aktif dalam melestarikan hutan Manggorove yang ada di Kabupaten Belitung. Penegakan Hukum yang tegas merupakan solusi yang tepat untuk oknum/pelaku perusakan hutan mangrove.

“Kerusakan hutan Manggrove seperti saat ini mengakibatkan hancurnya ekosistem pantai dan merusak keseimbangan alam yang mengakibatkan berkurangnya lkan, Kepiting, Udang, Burung-burung dan kerang yang hidup di hutan Manggrove yang tadinya bisa menjadi mata pencaharian atau sumber penghasilan bagi warga masyarakat. Mari kita bersama melestarikan Hutan Mangrove dan menghijaukan Pantai Belitung untuk masa depan anak cucu kita”, tutup Kasdim. (NKRIPOST / NURUL.H)

Terbitkan Pada: 17 Juli 2020 by NKRI POST

BAGIKAN :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Untuk Informasi Silahkan Hubungi Kami
Untuk Informasi Seputar NKRIpost Bisa Hubungi Kami