Cabang PLN Kabupaten Siak Sering Matikan Listrik, Ini Penjelasannya

NKRI POST.RIAU | Siak – Warga Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak Provinsi Riau resah, terkait sering matinya Listrik di Kecamatan tersebut. Cabang Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang berada di Kecamatan Sungai Apit, sering mematikan arus listrik, baik disiang, maupun malam harinya, Kamis (24/9/2020) 02.15 Wib.

Terjadinya pemadaman listrik secara tidak menentu ini, membuat resahnya masyarakat, sepertinya sengaja dibuat-buat oleh pihak PLN, hal seperti ini mengakibatkan kerugian materil warga Kecamatan Sungai Apit, yaitu kerusakan alat – alat elektronik rumah tangga, seperti TV, lampu, Kulkas dan lain sebagainya.

Meresapi keluhan warga Kecamatan Sungai Apit, awak Media NKRIPOST.com segera  mengkonfirmasi Pimpinan Cabang PLN Kecamatan Sungai Apit Rico, melalui telepon seluler dan via Whatshap. “Penyebab listrik sering mati itu, diakibatkan oleh pohon sawit kebun warga,  yang berada dipinggir jalanan, berdekatan dengan tiang listrik,  seharusnya jarak dominan 5 meter dari kabel listrik utama,” jelas Rico.

“Sebaliknya, sepanjang jaringan kabel di Kecamatan Sungai Apit ini, mayoritas melewati perkebunan sawit, maklumlah, kalau untuk sawit ini kita susah mendapatkan izin penebangannya, disaat hujan,  dahan sawit ini akan jatuh ke jaringan kabel, ini yang sering menyebabkan padamnya arus listrik,” tambah Rico.

Tempat – tempat yang rawan terjadinya konsletting arus listrik, ketika saat hujan, angin mengakibatkan pohon sawit yang berdekatan dengan kabel arus PLN, menyebabkan bersentuhan dengan kabel listrik utama, yakni daerah Kerinci Gasip, Gasip siak, Gasip Dayun Benteng Teluk Mesjid, dan Teluk Mesjid Pusako.

Hal ini, dari pihak PLN juga sudah menyampaikan kepada warga juga instansi Kecamatan secara lisan. “Kami dari pihak PLN sudah menyampaikannya. Masing-masing wilayah secara lisan terkait masalah kendala pohon sawit yang berdekatan langsung dengan kabel Listrik ini, namun belum ada tindakan penebangan pohon sawit di area yang kami sebutkan,” kata Rico.

Loading...

Pihak PLN berharap agar warga bisa mengerti, supaya jaringan kita bersih dan jauh dari pohon,  karena sering terjadi mati lampu kalau sudah hujan disertai angin, jadi kami minta kerjasama dari masyarakat dan juga pihak masing – masing Kecamatan, agar bisa bekerja sama, kepada pihak Kecamatan kami sangat berharap agar bisa memberi himbauan kepada pemilik kebun, supaya dapat memperhatikan pohon sawit mereka yang ada disekitar area tiang listrik, jika perlu ditebang, jangan menyalahkan kami dari pihak PLN, jika sering terjadi pemadaman,” tutup Rico, Pimpinan PLN Sungai Apit.

Laporan : VH
Sumber. : NKRIPOST.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *