Bukan Cuma Sambo, Ajudan Eks Kadiv Propam Ini Ternyata Rayakan Ultah Pernikahan Sebelum Brigadir J Tewas, Ini Sosoknya

Bukan Cuma Sambo, Ajudan Eks Kadiv Propam Ini Ternyata Rayakan Ultah Pernikahan Sebelum Brigadir J Tewas, Ini Sosoknya

8 Agustus 2022 0 By Tim Redaksi

IRJEN Ferdy Sambo sudah ditempatkan di tempat khusus di Mako Brimob.

Sebelum Brigadir Yosua atau Brigadir J tewas di rumah dinasnya, eks Kadiv Propam Polri itu diketahui merayakan ulang tahun (ultah) pernikahan bersama istrinya di Magelang, Jawa Tengah.

Fakta Irjen Ferdy Sambo merayakan ultah pernikahan itu ditemukan oleh Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), yang ikut dilibatkan dalam pengusutan kasus kematian Brigadir J sebagai tim independen.

Loading...

Fakta ini didapatkan Komnas HAM dari hasil pengumpulan data dan informasi.

Ternyata bukan cuma Irjen Ferdy Sambo, ajudan eks Kadiv Propam Polri ini juga merayakan ultah pernikahan sebelum Brigadir J tewas di rumah dinas.

Begini foto wajah istri tercintanya.

Komnas HAM menyebutkan, Irjen Ferdy Sambo bersama istrinya sempat merayakan hari ultah pernikahan di Magelang, Jawa Tengah.

Perayaan ultah pernikahan mereka turut disaksikan langsung oleh asisten rumah tangga dan ajudan eks Kadiv Propam.

Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik, Kamis (4/8/2022), memberikan keterangan resmi kepada wartawan.

”Menceritakan ada perjalanan dari Magelang di situ misalnya ada anniversary antara Pak Sambo dan istri. Intinya menggambarkan di Magelang baik-baik saja tidak ada masalah.”

Usai merayakan ultah pernikahan, rombongan istri Irjen Ferdy Sambo dengan ajudan kembali pulang ke Jakarta dengan menggunakan jalur darat.

“Kemudian berangkat rombongan Ibu Putri dengan ajudan sementara Pak Sambo berangkat dari tempat berbeda,” papar Taufan.

Taufan menerangkan, selama di perjalanan dari Magelang menuju Jakarta, tidak ada permasalahan yang terjadi.

Bahkan, setibanya di rumah dinas yang berada di Duren Tiga tampak semua masih dalam keadaan baik.

“Tercover semua semua dalam CCTV sampai di rumah pribadi pun baik-baik saja. Enggak ada kelihatan apa-apa. Mereka kemudian berpindah ke rumah dinas.

Di situ baru terjadi, di rumah dinas atau TKP itu, tadi saya katakan CCTV nya tidak berfungsi.
Maka dari itu harus dicari selain keterangan-keterangan orang ini selain dicari bukti-bukti lainnya,” katanya.

Dalam sebuah diskusi virtual, Taufan kembali mengulangi fakta perayaan ultah pernikahan jenderal bintang dua itu.

“Saya perlu jelaskan begini, kenapa yang di Magelang tidak perlu terlalu dibicarakan? Karena kita menemukan fakta-fakta, di Magelang ada perayaan anniversary, Yosua ada di situ, Bharada E atau Richard juga ada di situ. Yang lain-lain adalah, semua situasi suasana gembira saja.”

Taufan mengungkapkan, jika alasan Ferdy Sambo merayakan ulang tahun pernikahan di Magelang karena kebetulan eks Kadiv Propam beberapa hari sebelumnya sedang melangsungkan tugas berada di Semarang, Jawa Tengah.

“Karena dia sebetulnya sedang bertugas di Semarang, hanya pulang ke Magelang karena tanggal 4 (Juli 2022) ikut mengantar anaknya ke Sekolah Taruna Nusantara,” terangnya.

Komisioner Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam menyampaikan jika temuan pertama adalah dokumentasi foto di Magelang, Jawa Tengah.

Dimana diketahui titik keberangkatan rombongan Putri, Istri dari Irjen Ferdy Sambo, Bharada E, dan Brigadir J untuk menuju Jakarta.

“Terkait apa yang terjadi di Magelang. Kami ditunjukkan dokumen foto,” kata Anam kepada wartawan, Senin (1/ 8/2022).

Kendati demikian terkait foto dokumentasi di Magelang siapa saja dan momennya yang terpotret seperti apa, Anam belum bisa menjelaskannya karena perlu didalami lebih lanjut. Pasalnya dia mengatakan jika temuan itu masih harus dikonfirmasi ulang.

“Tidak bisa kamu tampilkan, karena itu harus kami verifikasi. Terus kami juga diperkaya dengan cerita-cerita yang terkait di Magelang,” kata Anam.

Pada 5 Juli 2022, Matius Marey merayakan hari ultah pernikahan bersama istrinya, Ace Marley. Tampaknya, karena Matius sedang bertugas mengawal Irjen Ferdy Sambo, istrinya hanya mengunggah foto pernikahan mereka melalui akun media sosialnya.

Loading...

“#7thn. Hanya bisa bilang Terima Kasih Tuhan. Jadikan kami keluarga yg Takut Tuhan dan menjadi Berkat utk org lain. Jadikan kami orangtua yg Bijaksana dlm Mendidik anak2 kami. Amin. #Selamat_Ulang_Tahun_Penikahan Suami’Q Thius Ace Marey Lnd Tuhan Memberkati Keluarga Kita Selalu,” tulis istri Matius Marey dalam unggahan foto pernikahan mereka di media sosial.

Pernikahan Matius Marey sudah berjalan selama 7 tahun. Dari pernikahannya dengan wanita asal Ambom, Maluku, Matius sudah memiliki empat anak yang tumbuh sehat dan menggemaskan.

Matius termasuk 8 ajudan Irjen Ferdy Sambo saat menjabat Kadiv Propam Polri. Sosok Matius pertama kali menjadi sorotan lantaran dia sengaja memelihara jenggot yang lebat.

Foto Matius muncul dalam potret bersama mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo dan seluruh ajudannya, yang diunggah keluarga Brigadir J di akun media sosial. Di foto itu, Matius terlihat berdiri gagah bersama Brigadir J. Terlebih lagi dia memelihara jenggotnya yang lebat.

Pria kelahiran Wamena, Pegunungan Tengah, Papua itu kembali menyedot perhatian publik setelah tato di punggung tangannya terekam jelas kamera wartawan. Foto tangan pengawal Ferdy Sambo yang dipenuhi tato akhirnya viral di media sosial.

Pada tahun 2020, Matius terlihat rajin mengunggah kegiatannya mengawal Irjen Ferdy Sambo. Dia juga ikut terlihat sibuk ketika sang komandan yang juga menjabat Kepala Satgassus Merah Putih Polri berhasil membongkar sindikat narkoba asal Timur Tengah.

Sebagai kepala Satgassus Merah Putih, Ferdy Sambo bersama timnya berhasil mengungkap sejumlah sindikat narkoba yang mencoba menyelundupkan barang haram itu ke Tanah Air. Matius juga mengawal Ferdy Sambo saat konferensi pers dari sejumlah kasus kriminal besar.

Sebelum menjadi ajudan Irjen Ferdy Sambo, Matius sempat bertugas di PT Freeport, Timika, Papua. Sebagai anak Papua, tentu saja Matius bangga mendapatkan tugas untuk mengamankan salah satu objek vital nasional di Bumi Cendrawasih itu.

Matius senang membagikan foto dirinya saat bertugas di Timika. Dari sejumlah foto yang diunggah, Matius tampaknya memiliki keahlian khusus di bidang menembak.

Apabila melihat status kawasan Timika dan sekitar yang kerap didatangi kelompok teroris KKB Papua, Matius termasuk anggota kepolisian dengan kemampuan khusus untuk menjaga aset negara.

(NKRIPOST/Fotokita.net)