BREAKING NEWS! Kalapas Kelas 1 Tangerang Dicopot dari Jabatannya

BREAKING NEWS! Kalapas Kelas 1 Tangerang Dicopot dari Jabatannya

17 September 2021 0 By Tim Redaksi

KEPALA Lapas (Kalapas) Kelas I Tangerang, Victor Teguh Prihartono dicopot dalam jabatannya, Jumat (17/9/2021).

Hal itu setelah terjadinya kebakaran hebat di Lapas Kelas I Tangerang pada Rabu (8/9/2021) lalu.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jendral Pemasyarakatan, Rika Aprianti mengatakan, pencopotan itu dalam rangka proses pemeriksaan dari inspektorat Jenderal Kemenkumham.

Loading...

“Betul, dinonaktifkan per hari ini, untuk mempermudah proses pemeriksaaan dari inspektorat,” katanya saat dikonfirmasi, Jumat (17/9/2021).

Sebelumnya Victor telah menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya dalam kasus kebakaran Lapas Kelas I Tangerang, tepatnya di Blok C2, pada Rabu, (8/9/2021) pukul 01.45 WIB.

Dalam pemeriksaan tersebut Victor memilih diam dan tidak memberikan keterangan apapun kepada awak media.

Untuk diketahui, dalam peristiwa kebakaran hebat yang melanda Lapas Kelas 1 Tangerang telah menewaskan 49 narapidana dan puluhan orang luka-luka.

Hingga saat ini, polisi masih terus melakukan pemeriksaan baik melalui saksi, hingga barang bukti untuk mencari tahu tersangka serta penyebab dari kejadian tersebut.

Ini Profil Victor Teguh

Victor dilantik Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly sebagai Kalapas Tangerang pada 12 November 2020.

Dia menggantikan kalapas sebelumnya, Jumadi yang kini telah menjabat sebagai Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Kalimantan Tengah.

Sebelumnya, Victor Teguh Prihartono menjabat sebagai Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Papua dan pernah menjabat sebagai Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Narkotika Sungguminasa, Sulawesi Selatan pada Mei 2016.

Dia menggantikan Kalapas Narkotika Sungguminasa sebelumnya, Erwedi Supriyatno, yang telah dilantik sebagai Kalapas Narkotika Yogyakarta.

Viktor Teguh yang merupakan putra asli Sulawesi ini bukan nama baru di lingkungan Kemenkumham Sulawesi Selatan.

Ayah tiga putra ini pernah menjabat sebagai Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas Makassar sebelum diberi amanah sebagai Kepala Sub Direktorat Data dan Informasi pada Direktorat Informasi dan Komunikasi.

Sub Direktorat ini kemudian berganti nama menjadi Sub Direktorat Pengembangan Teknologi Informasi pada Direktorat Teknologi Informasi dan Kerjasama.

Victor menjabat sebagai Kalapas Narkotika Kelas IIA Sungguminasa selama 4 tahun.

Pada 23 Juni 2020 dia menyerahkan jabatannya kepada Pelaksana Tugas (Plt.) Kalapas, Rahnianto.

Serah terima jabatan (sertijab) berlangsung di halaman Lapas Narkotika Sungguminasa Kabupaten Gowa, Selasa (23/6/2021).

Victor menyampaikan selama empat tahun lebih menjabat Kalapas, dirinya membuat inovasi kinerja di Lapas Narkotika Sungguminasa berbasis teknologi digital melalui layanan hak integrasi dan layanan informasi.

“Saya harap Kalapas yang baru mampu bekerja sama dan berkoordinasi dengan sebaik-baiknya dengan para pihak dan instansi yang ada serta melanjutkan program-program kegiatan yang telah berjalan dengan baik,” harap Victor.

(NKRIPOST/Tribunnews/Poskota)