SELAMAT DATANG DI NKRI POST
TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI KAMI
SAMPAI JUMPA LAGI

Beginilah Study Banding oleh Mahasiswa Pascasarjana IKM Undana

BAGIKAN :

KUPANG, NTT – Mahasiswa pascasarjana Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) konsentrasi epidemologi Universitas Nusa Cendana menggelar studi banding pengabdian masyarakat yang di dampingi dosen pengampu mata kuliah di Kantor Basarnas Freeze Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Pukul 14.00-16.00. Senin, 28 Oktober 2019. 

Menurut Dr. Pius Weraman,M.Kes, “sebagai Dosen mata kuliah manajemen penanggulangan bencana mengatakan tujuan kegiatan ini semata-mata sebagai pendalaman materi untuk mata kuliah manajemen penanggulangan bencana.”Terangnya.

Lebih lanjut, Pius Weraman menegaskan bahwa “kegiatan ini di buat sebagai upaya untuk menambah ilmu pengetahuan sekaligus praktikum lapangan untuk menunjang mata kuliah manajemen penanggulangan bencana agar mahasiswa dapat mengetahui dan memahami manajemen penanggulangan bencana”.

Yohanes Watun, selaku Narasumber dalam kegiatan ini mengatakan menurut UU no. 29 tahun 2014 tentang pencarian dan pertolongan pasal 14 yakni penyelenggaraan operasi pencarian dan pertolongan dilakukan terhadap kecelakaan kapal dan pesawat, kecelakaan dengan penanganan khusus, Bencana pada tahap tanggap darurat dan kondisi membahayakan manusia.

“Menjadi anggota basarnas tentunya melalui tahap panjang. Tentunya dimulai dengan diklat dasar selama 3 minggu, lalu dilanjutkan dengan pendidikan tingkat lanjutan, berlanjut ke tingkat spesialis dan berakhir pada sekolah calon kepala.”Tambahnya.

Tentunya seorang anggota basarnas dibekali dengan beragam ilmu baik secara teori maupun prakteknya secara langsung. Praktek bagaimana merencakan, manajerialnya dan lain sebagainya dalam menjalankan tugasnya sebagai anggota basarnas, tutur Yan Watun.

Loading...

Selanjutnya Nikosius Dae Sory Wutun sebagai salah satu Mahasiswa Pasca Sarjana ketika di awak media menyampaikan bahwa senang sekali bisa bisa bersama teman-teman melakukan kegiatan ini karena secara langsung kami juga dapat materi dan juga dapat menyaksikan simulasi dari pada tim Basarnas dalam pertolongan korban bencana pada daerah ketinggian. Tangkasnya.

Nikosius juga berharap Ilmu luar biasa yang hari ini saya bersama teman-teman dapatkan kiranya bisa di terapkan di masyarakat dengan substansinya dalam pertolongan korban bencana. 

Penulis: FIAND

Terbitkan Pada: 29 Oktober 2019 by NKRI POST

BAGIKAN :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Untuk Informasi Silahkan Hubungi Kami
Untuk Informasi Seputar NKRIpost Bisa Hubungi Kami