SELAMAT DATANG DI NKRI POST
TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI KAMI
SAMPAI JUMPA LAGI

Atasi Kekeringan, Desa Banjurmukadan Dirikann Gardu Pompa Air

BAGIKAN :

Nkripost, Kebumen – Desa Banjurmukadan Kecamatan Buluspesantren merupakan salah satu desa di Kabupaten Kebumen, yang telah berhasil mendirikan Gardu pompa air untuk mengatasi kekeringan lahan pertanian milik para warga. Hebatnya lagi, pembiyaan delapan bangunan gardu beserta pompa airnya itu dilakukan secara mandiri dari anggaran desa.

Atas upayanya tersebut, Pemkab Kebumen sangat mengapresiasi dan berharap desa tersebut bisa menjadi pecontohan bagi desa desa lainya, lantaran dinilai telah mampu secara swadaya mendirikan Gardu pompa air untuk mengatasi kekeringan lahan milik para petani. Mengingat, adanya dua waduk sempor dan pejengkolan belum bisa mencukupi kebutuhan air para petani.

Hal tersebut disampaikan secara langsung oleh Wakil Bupati Kebumen H. Arif Sugianto saat melakukan peninjauan pengoprasian perdana gardu pompa air di area persawahan Desa Banjurmukadan Kecamatan Buluspesantren Selasa 14 Juli 2020.

Menurut Wakil Bupati, adanaya gardu mesin pompa air tersebut merupakan sebuah inovasi dan bukti kemandirian Desa Banjurmukadan dalam mengatasi kelangkaan air. Dengan begitu para petani tetap bisa bercocok tanam dan diharapkan bisa membantu pemerintah dalam swasembada pangan.

“ Dengan adanaya gardu mesin pompa air, diharapkan bisa menjadi percontohan desa lainya agar kedepan pertanian di Kabupaten Kebumen semakin lebih baik,” ujar wabup.

Lebih lanjut, Wabup mengatakan, bahwa pihaknya juga akan berupaya membantu para petani untuk mengatasi permasalahan pengairan. Salah satunya akan berancana membuat penampungan air dengan mesin pompa pendorong. Selain menghemat biaya, secara perawatan juga lebih awet dan tahan lama.

Loading...

“Insya Alloh akan kita upayakan dengan membangun tempat penampungan yang lebih besar disini agar kinerja dari mesin pompa yang berada di gardu bisa lebih awet dan bisa memperkecil biaya perawatan,’’imbuh Wabup Arif.

Sementara itu, Kepala Desa Banjurmukadan Ryan Sugi Abdi mengatakan pompa air yang dipasang di delapan gardu pengairan sawah menggunakan tenaga listrik dari PLN dengan kapasitas 500 liter air dalam 1 menit. Selain itu dalam satu mesin nya, bisa untuk mengairi 1 hektar lahan.
(Nkrpost Kebumen)

Terbitkan Pada: 14 Juli 2020 by NKRI POST

BAGIKAN :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Untuk Informasi Silahkan Hubungi Kami
Untuk Informasi Seputar NKRIpost Bisa Hubungi Kami