Kategori
EDITORIAL

ANTISIPASI WABAH DBD BABINSA DAN BATI TUUD KORAMIL 413 – 09 / PANGKALAN BARU MELAKSANAKAN PENDAMPINGAN FOGING DI KELURAHAN DUL

BAGIKAN :
Babinsa Serda G.B Subekti serta Bati Tuud Koramil 413-09/Pangkalan Baru Pelda Novarito melaksanakan kegiatan pendampingan Foging di wilayah Rt 02 Kelurahan Dul

NKRIPOST, Pangkalan Baru – Seiring dengan perubahan cuaca yang terjadi pada awal tahun 2020 khususnya wilayah Bangka Belitung, dimana intensitas hujan cukup tinggi dan di dukung oleh terik nya matahari ketika tidak terjadi hujan menimbulkan masalah bagi warga masyarakat dengan berkembang biaknya nyamuk yang dapat menularkan virus Dengue penyebab penyakit Demam Berdarah ( DBD ).

Menurut penuturan para narasumber kepada awak media bahwa temuan dilapangan, belakangan ini telah terdapat beberapa warga setempat yang harus menjalani rawat inap disalah satu klinik milik  dr. Puji  yang tepatnya berlokasi di Desa Beluluk Kec.Pangkalan Baru di karenakan akibat DBD.

Tepatnya, Jum’at (21-20-2020) sekitar pukul 08.30 wib hingga selesai, Babinsa Kelurahan Dul Kecamatan Pangkalan Baru Koramil 413-09/ Pangkalan Baru, Serda G.B Subekti serta Bati Tuud Koramil 413-09/Pangkalan Baru Pelda Novarito melaksanakan kegiatan pendampingan Foging di wilayah Rt 02 Kelurahan Dul dilakukan sesuai permintaan pihak Puskesmas Rawat Inap Pangkalan Baru dan Kelurahan Dul.

Penuturan Lurah Kelurahan Dul,  Ki Agus Amirudin  ,S.H  kepada awak media bahwa alasan dasar dilakukan kegiatan Foging oleh pihak Puskesmas Pangkalan Baru tersebut merupakan inisiasi pihak Kelurahan Dul yg mendengar masukan dari Babinsa Kelurahan Dul Serda G.B Subekti yang memonitor banyaknya warga Kecamatan Pangkalan Baru, terutama warga Rt 02 Kelurahan Dul yang berjumlah  5 orang yang sampai dengan saat ini masih  menjalani rawat inap di Klinik Dr. Puji  disebabkan sakit Deman Berdarah (DBD)  sehingga di rasa perlu untuk melakukan Foging pada tempat-tempat yg di anggap berpotensi sbg sarang bagi nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus yg merupakan prymari vektor virus DBD tersebut.

Sementara menurut pihak Puskesmas Foging tersebuthanyalah sebgai langkah awal yang perlu di tindak lanjuti dengan upaya sosialisasi menciptakan pola lingkungan yang bersih dengan menghindari terjadinya genangan air pada tempat-tempat yg dapat berpotensi menjadi sarang utk berkembang biaknya jentik nyamuk.

“Kami berharap pihak aparatur Pemerintahan dan para Babinsa di Koramil 413-09/Pangkalan Baru dapat membantu melakukan himbauan kepada masyarakat untuk menciptakan pola lingkungan bersih tersebut dengan metode 3M guna menghindari berkembang biaknya jentik nyamuk khususnya di wilayah Kelurahan Dul”,tutur Cica  selaku menjabat bagian pengelolaan DBD Puskesmas Pangkalan Baru.

Adapun metode 3M tsb adalah :
     1. Menguras tempat penampungan air secara kontinyu utk menghindari berkembangnya jentik nyamuk menjadi nyamuk dewasa.
     2. Menutup tempat penampungan air sehingga nyamuk tidak dapat bertelur dan berkembang biak.
     3. Mengubur barang-barang bekas yg dapat menampung air hujan yg berpotensi menjadi sarang nyamuk.
Upaya lain yg juga dapat dilakukan adalah dengan menaburkan serbuk abate pada tempat-tempat penampungan air sehingga dapat membunuh jentik-jentik nyamuk.

Ditempat yang terpisah, Komandan Koramil 413-09/Pangkalan Baru Kapten Inf Idhamudin mengatakan  bahwa pantauan atas meningkatnya potensi penderita Demam Berdarah di wilayah Kecamatan Pangkalan Baru ini menjadi athensi bagi pihaknya dan para Babinsa di lapangan telah di perintahkan memantau keadaan wilayah nya masing dengan tidak lupa melakukan imbauan kepada masyarakat untuk membiasakan pola hidup lingkungan yg bersih menggunakan metode 3M.

” Dengan adanya kejadian luar biasa seperti ini, untuk penanganan yang bersifat spesifikasi tehnis di lapangan ,kami selalu melakukan koordinasi dengan pihak Puskesmas Pangkalan Baru dan aparatur pemerintahan Desa agar semua kegiatan menjadi tepat guna dan tepat sasaran”,papar Kapten Inf Idhamudin saat ditemui awak media diruang kerjanya.

Dari pantauan dan data dilapangan, dalam pelaksanaan Foging pada hari ini,Jum’at (21/02/2020) diikuti oleh 4 orang petugas dari Kelurahan Dul , 4 orang petugas dari Puskesmas Pangkalan Baru dan 2 orang personel dari Koramil 413-09/Pangkalan Baru, selesai pelaksanaan  kisaran pukul 10.45 Wib  yang diutamakan khususnya  untuk lingkungan sekitar Rt 02 Kelurahan Dul Kecamatan Pangkalan Baru Kabupaten Bangka Tengah dan akan di lanjutkan dengan Foging siklus ke 2 pada tgl 28-02-2020 mendatang. (Sumarwan)

BAGIKAN :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *