Anggaran BTT Covid-19 Kabupaten Jepara Rp. 44.593 M Di Sinyalir Tak Transparan dan Akuntable

NKRIPOST.COM, JEPARA – Berdasarkan info grafis, sumber data dari Setda Jepara (30/9/2020), Anggaran Belanja Tidak Terduga atau BTT sebesar Rp. 44.593 Miliar, dibidang Kesehatan dan Jaring Pengaman Sosial (JPS), yang sudah terealisasi dari Total Anggaran 203 Miliar, namun dalam akses informasi keterbukaan publik, sampai berita ini di terbitkan, Pemda atau Dinas terkait, sama sekali belum mengumumkan pos-pos anggaran untuk Item Pengeluaran Belanja Tidak Terduga atau BTT Kabupaten Jepara.

Namun Berdasarkan Surat Edaran Mendagri Nomor 440/2622/SJ Tentang Pembentukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Daerah.
Dana Belanja Tidak Terduga dapat digunakan untuk :

  1. penyelidikan kontak dekat, penyelidikan epidemologis, termasuk biaya alat dan upah petugas.
  2. Kemudian bidang pencegahan darurat dapat digunakan untuk pencegahan dan sosialisasi kepada masyarakat.
  3. Dana dapat disalurkan untuk pos biaya evakuasi pasien, termasuk pengurusan jenazah pasien meninggal dunia dan pengadaan alat-alat evakuasi.
  4. Pengadaan air bersih dan alat sanitasi seperti MCK darurat dan sistem pengolahan limbah, mengingat wabah COVID-19 sangat terkait dengan kebersihan.
  5. Kebutuhan pangan
  6. kebutuhan sandang
  7. Kebutuhan papan, baik yang disediakan bagi pasien maupun petugas medis yang menjadi garda depan dalam penanganan wabah.
  8. Meningkatkan pelayanan kesehatan, misalnya membeli alat-alat kesehatan. Seperti ventilator, obat-obatan, disinfektan, dan juga termasuk uang lelah untuk petugas yang bekerja siang dan malam.

Hal-hal tersebut diatas, semestinya oleh Pemkab Jepara, sudah bisa di jelaskan ke publik dan warga masyarakat, agar penanganan dan pencegahan Pandemi Covid-19 agar Pengelolaan pemerintah yang transparan, akuntabel dan berkualitas menjadi kunci pelayanan publik.

NKRIPOST : Purnomo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *