31 Mahasiswa Prodi FKIP, San Pedro Kupang Melaksanakan PPL

Nkripost.com, Kupang – Prodi FKIP, Universitas San Pedro Melakukan Pembekalan dan Pelepasan mahasiswa PPL sebanyak 31 orang, yang terdiri dari 4 prodi yaitu: Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar, Program Studi Pendidikan Jasmasini Kesehatan dan Rekreasi, Program Studi Pendidikan Luar Biasa.

Ajito Thimothy, S.Pd.,M. Pd. Selaku Dekan FKIP, Universitas San Pedro Kupang, Saat di ditemui di ruang kerjaNya, jumat, 04/09/2021, ia menyampaikan kepada mediah ini bahawa, kemaring kita ada pembukaan dan pembekalan bagi mahasiswa semester 7, yang akan melaksanakan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan(PPL) di sekolah-sekolah baik yang di kota maupun di kabupaten.

Praktik Pengalaman Lapangan(PPL)itu adalah tahapan yang harus dilalui oleh mahasiswa guru, jadi bagaimana mereka mengaplikasih’kan materi yang mereka dapat selama 6 semester sehingga mereka bisa praktek’kan di lapangan.ungkap Ajito

“Oleh karena itu, sifatNya harus mengetahui beberapa aspek yaitu: pengetahuan, sikap, ketrampilan dan ditambahkan dengan aiti, dan dari 4 komponen itu harus  terintegrasi ketika mereka menjadi guru-guru yang hebat”.

Dan tujuan dari pelaksanaan PPL itu juga bisa memadukan antara praktek dan teori,  sehingga mereka bisa mengusai 4 kompotensi dasar.ujarNya

  1. Kompotensi profesional
    adalah kemampuan seorang guru dalam mengelola proses belajar mengajar. Kemampuan mengelola pembelajaran didukung oleh pengelolaan kelas, penguasaan materi belajar, strategi mengajar dan penggunaan media belajar.
  2. Pedagogik
    Kompetensi pedagogik berkaitan erat dengan kemampuan guru dalam memahami proses pembelajaran. Pembelajaran yang berlangsung di ruang kelas bersifat dinamis. Ini dapat terjadi karena komunikasi atau interaksi timbal balik antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa. Keberagaman siswa didalam kelas juga akan memerlukan keterampilan seorang guru dalam mendisain program pembelajaran.
  3. Sosial
    Kompetensi sosial adalah kemampuan guru sebagai pendidik untuk berkomunikasi dan berinteraksi yang baik dengan warga sekolah maupun warga dimana guru berada. Kemampuan sosial ini dapat dilihat melalui pergaulan sosial guru dengan siswa, rekan sesama guru maupun dengan masyarakat dimana ia berada.
  4. Kepribadian
    Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, seorang guru harus menunjukkan sikap dan kepribadian yang baik. Guru yang patut ditiru merupakan filosofi yang menunjukkan kemampuan kepribadian. Ditiru karena guru diyakini mempunyai ilmu yang bermanfaat bagi kelangsungan hidup siswanya. Seorang guru ditiru karena pada diri guru terdapat sikap dan pribadi yang baik.

Kita juga berpesan kepada mereka untuk menjaga nama baik sendiri dan nama baik Universitas San Pedro, dan kita juga berpesan agar selalu mengikuti dan taat pada protokol kesehatan. Tegas Ajito

Loading...

Konradus Silvester Jenahut, Spd.M.Pd. Selaku Ketua Prodi PGSD yang sekaligus juga sebagai pemateri, ia menjelaskan terkait dengan PPL mahasiswa fakultas perguruan ilmu pendidikan Universitas San Pedro tahun 2020-2021 dilaksanakan disaat massa pandemi covit 19.

“Oleh karena itu di samping kita mempersiapkan mereka dalam pembakalan, kemudian kita juga memberikan mereka banyak materi untuk bisa mempersiap’kan mereka untuk ketika mereka turun ke lapangan”.

Salah satuNya adalah, bagaimana merancang pembelajaran yang inovatif dan kreatif selama pembelajaran jarak jauh ini, kita arahkan mahasiswa untuk bisa memanfaatkan teknologi dan informasi, sehingga mereka bisa merancang pembelajaran yang evektif, inofatif dan kreatif. TutupNya

Loading...

Nkripost – Agustinus Tamelab

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *