20 Pemimpin Paling Berpengaruh di Dunia versi Majalah Time, Presiden Jokowi Termasuk?

MAJALAH Time merilis 100 Orang Paling Berpengaruh di Dunia tahun 2021.

Sebanyak 20 di antaranya masuk dalam kategori pemimpin, termasuk presiden, perdana menteri, maupun politisi, baik sudah lengser maupun menjabat.

Time menempatkan Joe Biden, presiden Amerika Serikat, sampai Abdul Ghani Baradar, wakil presiden Afghanistan, yang baru ditunjuk oleh Taliban, dalam daftarnya.

Nama-nama lain yang masuk di antaranya Presiden China Xi Jinping, Perdana Menteri Israel Naftali Bennett, mantan Presiden AS Donald Trump, dan Presiden Iran Ebrahim Raisi.

Namun Time menempatkan Ngozi Okonjo-Iweala asal Nigeria di tempat teratas dari daftar 20 pemimpin dunia.

Dia menjadi perempuan sekaligus orang Afrika pertama yang memimpin Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), kelompok beranggotakan 164 negara yang bertugas mengawasi perdagangan seluruh dunia.

Loading...

Menurut pasangan Pangeran Harry dan Meghan Markle, selaku pendiri organisasi kemanusiaan Archewell, Okonjo-Iweala yang menjabat sejak Maret lalu berperan penting menciptakan kesehatan global dan kesejahteraan di saat dunia dilanda pademi Covid-19.

“Saat kita menghadapi rentetan kesalahan informasi vaksin, perlambatan birokrasi di pemerintah dan industri, dan munculnya varian, Okonjo-Iweala menunjukkan kepada bahwa untuk mengakhiri pandemi, kita harus bekerja sama untuk melengkapi setiap negara dengan akses vaksin yang adil,” kata pasangan itu, dikutip dari Time.

Sementara itu Joe Biden sosok yang tampil memimpin AS di tengah kompleksnya permasalahan negara, dari mulai pandemi Covid-19 yang menyebabkan keruntuhan ekonomi, masalah rasial, bencana alam, serta serangan terhadap demokrasi.

Loading...

“Joe Biden dan saya memiliki perbedaan pendapat yang kuat, tapi harus diakui bahwa dia adalah Presiden pertama dalam waktu yang sangat lama yang berusaha untuk mengatasi krisis mendasar yang dihadapi negara kita. Dengan melakukan itu, Biden memulihkan kepercayaan di antara warga biasa bahwa pemerintah akan bekerja untuk mereka, bukan hanya untuk donatur kampanye yang kaya,” kata Bernie Sanders, Senator yang pernah menjadi pesaing Biden dalam penentuan calon presiden AS dari Partai Demokrat.

Di posisi buncit masuk nama Wakil Perdana Menteri Afghanistan Abdul Ghani Baradar, sosok sangat dihormati di kalangan Taliban yang juga pendiri kelompok itu pada 1994.

Jatuhnya Afghanistan ke tangan Taliban pada Agustus 2021 setelah mereka digulingkan 20 tahun silam dari pemerintahan merupakan andil dari Baradar.

Dia merupakan juru runding Taliban dalam kesepakatan damai dengan AS yang berlangsung di Doha, Qatar.

“Dia bisa dibilang sebagai pembuat keputusan besar, termasuk amnesti yang ditawarkan kepada anggota rezim (pemerintahan) sebelumnya serta menghindari pertumpahan darah saat Taliban memasuki Kabul serta menjalin kontak dan kunjungan negara-negara tetangga, terutama China dan Pakistan,” kata Ahmed Rashid, seorang jurnalis dan penulis buku soal Taliban, dalam keterangannya kepada Time.

Berikut 20 daftar Pemimpin Dunia Paling Berpengaruh versi Majalah Time:

  1. Ngozi Okonjo-Iweala, direktur jenderal WTO
  2. Joe Biden, presiden AS
  3. Xi Jinping, presiden China
  4. Liz Cheney, anggota DPR AS
  5. Kamala Harris, wakil presiden AS
  6. Mario Draghi, perdana menteri Italia
  7. Tucker Carlson, jurnalis dan pengamat politik AS
  8. Naftali Bennett, perdana menteri Israel
  9. Stacey Abrams, pengacara dan aktivis AS
  10. Nayib Bukele, presiden El Salvador
  11. Donald Trump, mantan presiden AS
  12. Narendra Modi, perdana menteri India
  13. Mahbouba Seraj, jurnalis dan aktivis perempuan Afghanistan
  14. Joe Manchin, senator AS
  15. Ebrahim Raisi, presiden Iran
  16. Rochelle Walensky, direktur CDC AS
  17. Mamata Banerjee, politikus India
  18. Ron Klain, kepala staf Gedung Putih
  19. Elisa Loncon Antileo, politikus Cile
  20. Abdul Ghani Baradar, wakil perdana menteri Afghanistan

(NKRIPOST/iNews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *